Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Obyek Wisata Sekitar Gunung Merapi Ditutup

Kompas.com - 10/11/2020, 09:42 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebanyak 13 obyek wisata di kawasan rawan bencana (KRB) III, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ditutup sementara menyusul peningkatan status Gunung Merapi dari waspada menjadi siaga.

Obyek wisata yang dimaksud di antaranya adalah Ketep Pass, Air Terjun Kedung Kayang, Grojokan Kapuhan, Jembatan Jokowi, Desa Wisata Sumber, Agro Wisata Salak Nglumut, Desa Wisata Ngargosuko, Desa Wisata Ketep dan lainnya.

“Pariwisata di KRB III ini juga harus dihentikan. KRB III berada di radius sekitar 0-10 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Jadi termasuk di antaranya Ketep Pass di Kecamatan Sawangan," jelas Bupati Magelang Zaenal Arifin, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Jalur Evakuasi Merapi di Magelang Rusak akibat Dilalui Truk Pengangkut Pasir

Menurut Zaenal, langkah ini perlu dilakukan mengingat potensi bahaya yang bisa timbul dari peningkatan aktivitas vulkanik Merapi.

“Kenapa harus ditutup, KRB III dengan radius 0-10 kilometer, seandainya Merapi setiap saat mengalami gejolak dan sebagainya, mereka belum tentu siap dengan mitigasi bencananya,” ujarnya.  

Pihaknya belum dapat memastikan sampai kapan penutupan ini diterapkan.

Ia masih menunggu rekomendasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) terkait perkembangan Merapi.

Baca juga: PMI Solo Siap Berangkatkan Relawan Kemanusiaan Jika Gunung Merapi Erupsi

"Waktu penutupan akan menunggu rekomendasi kembali dari BPPTKG. Kita enggak akan pernah tahu status ini, akan sampai kapan. Kalau ada perubahan-perubahan ya kita sesuai dengan rekomendasi itu,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com