Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Desa di Riau Belum Terjamah Internet, Kemenkominfo: Semua Terkoneksi pada 2022

Kompas.com - 06/11/2020, 17:48 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Di wilayah Provinsi Riau ternyata masih banyak desa muapun kelurahan yang belum memiliki jaringan internet.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kadiskominfotik) Riau, Chairul Riski dalam rapat bersama Direktorat Telekomunikasi Dirjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika secara virtual,  Jumat (6/11/2020) di Pekanbaru.

"Sampai saat ini ada 283 desa atau kelurahan di Riau belum memiliki akses internet atau belum 4G," kata Riski dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat.

Dia mengatakan, di Riau ada 1.859 desa dan kelurahan. Namun, 283 desa dan kelurahan ini belum sepenuhnya menikmati jaringan internet.

Terkait hal ini, Riski mengaku telah mengirim surat kepada Kementerian Kominfo pada 11 Agustus 2020 yang lalu, dan meminta bantuan untuk membangun internet desa digital di Riau. 

"Jaringan internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi saat ini semua dilakukan serba digital," tutur Riski.

Baca juga: Ridwan Kamil Wacanakan Ganti Kendaraan Dinas dengan Mobil Listrik

Yogyakarta dan Bali

Menangggapi itu, Direktorat Telekomunikasi Dirjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika, Muhammad Ridwan mengatakan bahwa di tahun 2022, targetkan seluruh desa sudah menikmati layanan internet atau sudah 4G. 

"Target kita tahun 2022 desa dan kelurahan di 34 provinsi di Indonesia sudah menikmati layanan internet. Sampai sekarang memang masih ada desa dan kelurahan yang belum mksimal atau belum ada internet. Ini dikarenakan ada beberapa hambatan," kata Ridwan.

Ia juga menyebutkan, dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, hanya dua provinsi yang seluruh desa dan kelurahan sudah ada internet, yakni DI Yogyakarta dan Bali. 

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait transportasi digital dan penyaluran seluruh desa dan kelurahan di Indonesia akan layanan 4G harus terpenuhi. Target hingga 2022 seluruh desa dan kelurahan untuk menikmati internet wajib tercapai," kata Ridwan.

Baca juga: Gubernur NTB Kunjungi Desa Terpencil di Pulau Sumbawa, Berjalan Kaki Sejauh 27 Km Selama 7 Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com