Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Sembuh dari Covid-19 Diminta Bantu Sosialisasi Pencegahan Corona

Kompas.com - 02/11/2020, 18:27 WIB
Dheri Agriesta

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jayapura Rustan Saru berharap pasien yang sudah sembuh dari corona bisa membantu pemerintah.

Mereka diminta menyosialisasikan upaya pencegahan penularan virus corona baru atau Covid-19.

Baca juga: Saya Ingin Sekali Bertemu Pak Jokowi, kalau Bertemu, Saya Akan Minta Motor

"Saya berharap bapak, ibu, dan saudara-saudari yang sembuh dari Covid-19 ketika pulang ke rumah dapat berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, tempat pengajian, tempat perkumpulan seperti di gereja mau pun di masjid, di mana pun berada, untuk menyosialisasikan pencegahan penyakit ini," kata Rustan di Jayapura seperti dikutip dari Antara, Senin (2/11/2020).

Rustan berharap, pasien yang telah sembuh itu menjadi corong informasi upaya pencegahan penularan virus corona kepada masyarakat.

Meski telah sembuh, para pasien itu disarankan tetap menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga.

"Kita tidak tahu kapan penyakit ini berakhir. Kita berharap penyebaran virus ini agar cepat berakhir. Dengan demikian diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan, tetap menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, dan memakai masker," katanya.

Hingga Minggu (1/11/2020), sebanyak 4.893 kasus positif Covid-19 tercatat di Kota Jayapura. Rinciannya, 1.865 pasien dirawat, 2.950 pasien sembuh, dan 78 orang meninggal.

Corona di Papua

Sementara itu, sebanyak 6.527 pasien positif Covid-19 sembuh di Provinsi Papua hingga Minggu (1/11/2020).

Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Papua Silwanus Sumulue mengatakan, terdapat 119 pasien positif yang sembuh pada Minggu.

Baca juga: Sukarelawan Covid-19 di Papua Menjerit, Uang Lelah sejak Maret Belum Dibayar

Pasien itu berasal dari sejumlah kabupaten dan kota, di antaranya, 54 pasien dari Kota Jayapura, 37 pasien dari Kabupaten Mimika, 12 pasien dari Biak Numfor, dan masing-masing delapan pasien dari Jayawijaya dan Kabupaten Jayapura.

Sementara itu, sebanyak 9.775 kasus positif Covid-19 tercatat di Provinsi Papua hingga Minggu (1/11/2020). Sedangkan, jumlah pasien meninggal mencapai 151 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com