Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, 83.257 Kendaraan Melintas di Tol Pemalang-Batang

Kompas.com - 30/10/2020, 22:50 WIB
Dony Aprian

Editor

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Kasi Pelayanan Lalu Lintas PBTR Nuruddin Zakaria mengatakan, volume kendaraan yang masuk jalan Tol Pemalang-Batang saat libur panjang akhir Oktober mengalami peningkatan.

Berdasarkan catatan dari Pemalang-Batang Tol Road (PBTR) puncak arus liburan terjadi pada hari Rabu (28/10/2020).

Menurutnya, libur panjang ini nampaknya benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang dituju atau berlibur ke tempat-tempat wisata.

"Catatan dari hari selasa (27/10/2020) kendaraan yang melintas maupun keluar Gerbang Tol Pemalang-Batang ada 32.042 kendaraan dan untuk hari Rabu (28/10/2020) ada 51.215 kendaraan, jadi total selama 2 hari pembukaan libur panjang mencapai sekitar 83.257 kendaraan," ujar Zakaria dikutip Tribun Jateng, Jumat (30/10/2020).

Baca juga: Puncak Arus Balik Libur Panjang Diprediksi Terjadi pada Sabtu dan Minggu

Sedangkan untuk hari Kamis (29/10/2020) pihaknya masih menghitung jumlah kendaraan yang masuk.

Pihaknya menuturkan, angka tersebut mengalami kenaikan sekitar 128 persen dibandingkan lalu lintas harian normal.

Zakaria mengatakan, pantauan di ruas Tol Pemalang-Batang untuk jalur A atau arah Semarang masih mendominasi dibandingkan jalur B atau arah ke Jakarta.

Kemudian, dari hasil pantauan sampai hari ini tidak ada titik kepadatan yang menghambat laju perjalanan, bahkan tidak ada insiden kecelakaan yang terjadi.

"Namun kami tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan, para pengguna jalan tol yang melintas di ruas pemalang-batang ini," katanya.

Baca juga: Libur Panjang, Volume Kendaraan yang Melintas di Klaten Menurun 5 Persen

Selain itu, pihak PBTR terus berkordinasi dengan pihak Kepolisian terkait situasi kondisi terkini untuk memastikan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) selama libur panjang ini.

Pihaknya mengimbau kembali kepada para pengguna jalan tol untuk tetap selalu berhati-hati dalam berkendara, gunakan kecepatan sesuai dengan ketentuan, cek kondisi kendaraan seperti memastikan bbm tercukupi, tekanan ban sesuai, dan ban tidak gundul atau halus, serta air radiator yang cukup.

"Apabila mengatuk atau lelah, istirahat di rest area terdekat, dan kurangi laju kecepatan kendaraan saat cuaca hujan. Selain itu, kami selalu mengimbau kepada semua pengguna jalan tol untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, demi menekan angka Covid-19," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com