Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang di Puncak, Kendaraan yang Abai Protokol Kesehatan Diminta Putar Balik

Kompas.com - 28/10/2020, 07:51 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan memperketat pemeriksaan kendaraan di perbatasan wilayah pada libur panjang pekan ini.

Kawasan Puncak sebagai destinasi wisata menjadi atensi karena diprediksi terjadi lonjakan jumlah pengunjung.

Pjs Bupati Cianjur Dudi Sudrajat Abdurrachim pun meminta petugas di lapangan bertindak tegas dalam menegakkan protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga: Libur Panjang, Polisi Prediksi Puncak Arus Kendaraan Terjadi hingga Rabu Pagi

Bahkan, jika kedapatan ada pengunjung atau pengendara yang abai terhadap protokol kesehatan tersebut, petugas diharapkan tidak segan meminta mereka memutar balik kendaraannya.

“Harus tegas demi kepentingan semua orang,” kata Dudi saat ditemui Kompas.com di lingkungan Pendopo, Senin (26/10/2020).

“Bukan melarang liburan. Namun, kita juga harus menjaga dan menjamin protokol kesehatan ditaati dan diterapkan,” sebut dia.

Menurut Dudi, ketegasan perlu ditegakkan sebagai bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Ada jangka pendek untuk meningkatkan ekonomi, itu bagus. Tapi, kan jangka panjang juga harus dipikirkan, daripada mengorbankan banyak orang, lebih baik melakukan pencegahan dengan cara yang harus tegas,” ungkapnya.

Baca juga: Satgas Covid-19 Akan Batasi Jumlah Wisatawan di Puncak Bogor Saat Libur Panjang

Pada kesempatan itu, Dudi mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri berlibur ke kawasan Puncak pada momen libur panjang pekan ini.

“Karena sudah ramai, potensi untuk penyebarannya kan tinggi. Bukan tidak mau meningkatkan pertumbuhan ekonomi lewat sektor pariwisata. Namun, ada hal yang lebih penting saat ini,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com