Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang Akhir Oktober, PT KAI Daop 4 Tambah Perjalanan Kereta Api

Kompas.com - 27/10/2020, 16:33 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang menambah perjalanan kereta api untuk menyambut libur panjang akhir pekan di bulan Oktober 2020.

Penambahan perjalanan kereta api tersebut antara lain KA Menoreh yang beroperasi pada 27 Oktober 2020 dan KA Argo Muria yang beroperasi pada 1 November 2020.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada masa liburan.

Peningkatan jumlah perjalanan kereta api ini secara otomatis menambah jumlah tempat duduk yang disediakan.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan, Penumpang Kereta Api Diminta Lakukan Rapid Test Lebih Awal

Jumlah tempat duduk kereta api jarak jauh dan kereta api lokal per hari antara lain 27 Oktober sebanyak 17.641 tempat duduk, 28 Oktober sebanyak 14.879 tempat duduk, 29 Oktober sebanyak 13.409 tempat duduk, 30 Oktober sebanyak 15.478 tempat duduk, 31 Oktober sebanyak 16.473 tempat duduk, dan 1 November 15.391 tempat duduk.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro menyebut total ada sebanyak 31 perjalanan kereta api jarak jauh yang melintasi Daop 4 Semarang.

"Dari jumlah tersebut ada beberapa KA yang pengaturan pola operasinya dijalankan pada hari-hari tertentu," jelasnya dalam keterangannya, Selasa (26/10/2020).

Penumpang kereta api pun diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan surat bebas Covid-19 baik dari tes swab maupun tes rapid yang masih berlaku atau 14 hari sejak diterbitkan.

Baca juga: Libur Panjang, PT KAI Tambah Perjalanan Kereta Api hingga 13 Persen

Untuk menjaga jarak selama perjalanan, pihaknya hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Selain itu, KAI juga menyediakan layanan rapid test yang tersebar di 30 stasiun.

Yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau.

"Penyediaan layanan rapid test di stasiun bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar," ujarnya.

Pihaknya berharap, perjalanan kereta api pada libur panjang akhir pekan ini dapat dimanfaatkan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com