25 TKI Ilegal Asal NTT Dideportasi dari Malaysia

Kompas.com - 19/10/2020, 07:37 WIB
Ilustrasi TKI KOMPAS.com/SUKOCOIlustrasi TKI

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 25 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Timur (NTT), dideportasi dari Malaysia.

Para TKI itu dipulangkan dan tiba di Bandara El Tari Kupang Kupang pada Minggu (18/10/2020) sekitar pukul 14.17 WITA.

Baca juga: Pernah Sembuh dari Covid-19, Tenaga Medis Ini Kembali Terinfeksi, Meninggal Setelah Dirawat 2 Pekan

"Mereka yang dideportasi hari ini para TKI yang tidak memiliki dokumen resmi atau ilegal," kata Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ( BP3TKI) Kupang, Siwa saat dihubungi Kompas.com, Minggu.

Siwa mengatakan, 25 TKI itu berasal dari beberapa kabupaten di NTT, yakni Kabupaten Kupang, Belu, Malaka, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, Timor Tengah Selatan, Rote Ndao, dan Ende.

Tiba di Bandara El Tari Kupang, petugas melakukan pemeriksaan dokumen serta kesehatan melalui posko Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara El Tari.

Setelah diperiksa, mereka dinyatakan sehat dan bebas dari Covid-19.

"Para TKI akan di kembalikan ke daerah asal masing-masing," ujar dia.

Siwa menjelaskan, para TKI ini dipulangkan dari Malaysia melalui Surabaya, Jawa Timur pada 10 Oktober 2020.

Baca juga: Istri Pertama Siswa SMK di Lombok: Waktu Itu Saya Kira Dia Tamu Mau Menjenguk, Ternyata...

Selain 25 orang itu kata Siwa, terdapat 29 TKI asal NTT yang dipulangkan karena Malaysia karena kasus serupa pada 15 Oktober 2020.

Siwa memerinci, sebanyak 10 TKI dipulangkan melalui Banten, 15 orang melalui Medan, dan empat orang pulang secara mandiri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X