KPU Tetapkan Jumlah DPT Pilkada Sulut Sebanyak 1.831.867 Pemilih

Kompas.com - 18/10/2020, 22:50 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HANDININGIlustrasi

MANADO, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara 2020 sebanyak 1.831.867 pemilih.

Rinciannya adalah 926.184 pemilih laki-laki dan 905.683 perempuan. Jumlah DPT ini ditetapkan lewat rapat pleno terbuka yang digelar, Minggu (18/10/2020).

Baca juga: Istri Pertama Siswa SMK di Lombok: Waktu Itu Saya Kira Dia Tamu Mau Menjenguk, Ternyata...

Komisioner KPU Sulut Lanny Oientu mengatakan, data ini lebih banyak dari daftar pemilih sementara (DPS) yang ditetapkan KPU beberapa waktu lalu.

Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 1.839 desa dan kelurahan di Sulawesi Utara juga bertambah.

“Ada penambahan dua TPS. Dari 5.807 menjadi 5.809,” kata Lanny saat dikonfirmasi, Minggu.

Terkait penetapan DPT itu, Lanny mengatakan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut tak memberi rekomendasi apa pun.

“Hanya beberapa catatan-catatan kecil, yang terkait dengan masih banyak data masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan. Dan itu sudah kami sampaikan juga ke Dinas Capilduk sebagai stakeholder yang hadir dalam pleno,” ujar Lanny.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Sulut Kenly Poluan mengapresiasi kinjer KPU Sulut dan jajarannya dalam menuntaskan rekapitulasi DPT.

Namun, pihaknya memberi catatan yang sampai saat ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi KPU Sulut, yakni terkait pemilih yang belum memiliki syarat masuk dalam DPT.

Kenly meminta KPU Sulut segera menindaklanjuti catatan itu. Sebab, penyelenggara pemilu wajib memenuhi hak pilih warga negara.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X