Struktur Bata Bekas Kerajaan Singosari Ditemukan di Lokasi Pembangunan Perumahan

Kompas.com - 17/10/2020, 18:05 WIB
Struktur bata diduga bekas peninggalan Kerajaan Singosari yang ditemukan di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Sabtu (17/10/2020). KOMPAS.COM/ANDI HARTIKStruktur bata diduga bekas peninggalan Kerajaan Singosari yang ditemukan di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Sabtu (17/10/2020).

MALANG, KOMPAS.com - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, mengekskavasi temuan struktur bata di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Struktur bata cagar budaya itu diperkirakan merupakan bekas bangunan di masa Kerajaan Singosari pada abad ke-12 masehi.

Struktur bata itu ditemukan pada awal bulan lalu di kompleks pembangunan Perumahan Taman Tirta. Tepat di sebelahnya terdapat sumber yang diberi nama Sumber Umbulan.

Kepala BPCB Jawa Timur, Andi Muhamad Said mengatakan, berdasarkan hasil sementara dari proses ekskavasi, pihaknya belum menemukan pola dari struktur tersebut.

Baca juga: Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Malang Capai 85 Persen, Tersisa 54 Kasus Aktif

 

Karena itu, pihaknya tidak bisa memprediksi bangunan awal dari struktur bata tersebut.

"Kami tidak bisa (memprediksi) karena tidak ada denahnya, tidak menemukan pola. Karena kemungkinan besar sudah hancur. Kemungkinan tergerus erosi di masa lalu," kata Said, di lokasi, Sabtu (17/10/2020).

Said menduga, struktur bata itu terkait dengan Sumber Umbulan yang ada di sebelahnya. Sumber itu sudah ada sejak dulu dan debit airnya masih stabil hingga saat ini.

Said mengatakan, sumber itu bukan merupakan bekas petirtaan. Namun, di dasar kolam yang menjadi penampungan air dari sumber tersebut juga terdapat struktur bata kuno.

Struktur bata di dasar kolam itu diduga dibuat oleh masyarakat masa lalu supaya air yang tertampung tetap jernih.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X