Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tempat Isolasi Khusus Pasien Covid-19 di Rusun Pontianak

Kompas.com - 16/10/2020, 18:04 WIB
Hendra Cipta,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com- Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menyiapkan ruangan khusus beserta perlengkapan medisnya di Rusunawa Nipah Kuning.

Ruangan tersebut diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang memiliki gejala ringan.

"Bagi pasien yang mengalami gejala ringan, juga bisa ditangani di Rusunawa Nipah Kuning," kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Pemkot Pontianak Mulai Batasi Aktivitas Warga pada Malam Hari

Menurutnya, hampir sebagian besar pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dirawat di rumah sakit swasta yang tidak memiliki ruang isolasi khusus.

Akibatnya ketika ada pasien terkonfirmasi positif Covid-19 harus dipindahkan ke RSUD Soedarso atau RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak.

Namun, jumlah ruang isolasi sangat terbatas.

"Baik RSUD Soedarso maupun RSUD Kota Pontianak. Untuk itu perlu kolaborasi dalam peningkatan kualitas kelengkapan tenaga medis hingga peralatannya," ungkap Edi.

Edi menuturkan, saat ini tingkat kesembuhan memang lebih besar dari pada yang terkonfirmasi positif.

Sekarang masih terdapat 81 orang yang masih diisolasi dalam proses penyembuhan. Dia berharap gelombang kedua masih bisa terkendali.

"Artinya tidak sampai meledak besar dan harapan kita warga Kota Pontianak tetap taat dan mematuhi protokol kesehatan," pesan Edi.

Baca juga: Rusun Asrama Militer Solo Jadi Klaster Penularan Covid-19

Dikatakannya, sebagian besar pasien terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan hasil tracing atau penelusuran terhadap mereka yang melakukan kontak erat.

Sehingga muncul klaster baru maupun kluster yang memang sudah menjadi perkiraan sebelumnya, seperti tenaga kesehatan, rumah tangga, dan perkantoran.

"Kuncinya juga kita harus bisa mengontrol arus mobilitas masyarakat terutama yang dari luar Provinsi Kalbar," tutup Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com