Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

41 Rumah di Barito Kuala Rusak Diterjang Puting Beliung, Pohon dan Tiang Listrik Tumbang

Kompas.com - 14/10/2020, 20:40 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MARABAHAN, KOMPAS.com - Hujan deras yang disertai angin puting beliung menerjang tiga desa di Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (Kalsel) Selasa (13/10/2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Kuala, Sumarno, mengatakan akibat puting beliung, 41 rumah mengalami kerusakan yang cukup parah.

"Saat ini masih didata, tetapi data sementara ada 41 buah rumah dan ruko yang mengalami kerusakan," ujar Sumarno saat dikonfirmasi, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: 66 Rumah Warga di Demak Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Ketiga desa yang diterjang puting beliung adalah Desa Beringin, Desa Sungai Pitung dan Desa Sungai Lumbah serta satu Kelurahan di Handil Bakti, Barito Kuala.

Selain merusak rumah, puting beliung juga merobohkan sejumlah pohon dan tiang listrik membuat akses jalan sempat terhambat.

"Tiang listrik dan pohon-pohon juga banyak yang tumbang, beruntung tak ada korban jiwa dari kejadian ini," ungkapnya.

Usai mendata kerusakan, BPBD kata Sumarno akan segera berkoordinasi dengan Dinas Sosial Barito Kuala untuk menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak.

Baca juga: 47 Rumah Rusak akibat Angin Puting Beliung di Lombok Barat

Selain bahan makanan, kebanyakan warga membutuhkan terpal sebagai pengganti atap mereka yang terbang ditiup angin puting beliung.

"Rencana Kamis besok akan disalurkan bantuan di 3 desa 1 kelurahan. Hampir semua lokasi kerusakannya cukup parah," tambahnya.

Selain bantuan, Sumarno juga memastikan pembersihan terhadap material bangunan yang berterbangan dan juga pohon dan tiang listrik roboh sudah dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com