Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Warga Sipil Tertembak di Intan Jaya, Papua

Kompas.com - 08/10/2020, 07:56 WIB
Dhias Suwandi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Seorang warga sipil bernama Agustinus Duwitau (23) terkena tembakan di Kampung Damonggoa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Rabu (7/10/2020).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat korban dalam perjalan hendak ke Kampung Emondi.

"Namun, dalam perjalanan sekitar daerah Kampung Damonggoa, korban terkena tembakan sehingga meninggalkan barang bawaan berupa senapan angin dan minyak goreng, garam serta vetsin yang diisi dalam karung berwarna kuning," ujar Kamal, melalui keterangan tertulis, Kamis (8/10/2020).

Kamal menuturkan, saat terkena tembakan, korban berlari ke atas ketinggian dan bertemu dengan salah satu warga berinisial MB dan kemudian mereka berdua mencari pertolongan.

Baca juga: 15 Polisi Dijatuhi Sanksi Disiplin hingga Kurungan Terkait Kasus Tewasnya Adik Ipar Edo Kondologit

Pukul 09.00 WIT, personel kepolisian mendapat informasi dari masyarakat bahwa adanya warga yang terkena tembakan di Kampung Damonggoa.

"Pukul 11.30 WIT, tim evakuasi dipimpin oleh Marten Tipagau Wakil Ketua I DPRD Intan Jaya bersama Pastor Yance Yogi dan beberapa tokoh agama katolik menunggu korban di jembatan Kali Wabu," ujar Kamal.

Baru pada pukul 15.05 WIT, tim evakuasi bersama korban tiba di RSUD Intan Jaya, Kampung Yokatapa, Distrik Sugapa, dan langsung mendapat perawatan oleh tim medis RSUD Kabupaten Intan Jaya.

"Korban mengalami luka tembak pada bagian bahu kiri tembus punggung belakang (bawah leher)," kata Kamal.

Baca juga: Polisi Tetapkan 1 Tersangka Kasus Tewasnya Adik Ipar Edo Kondologit

Kejadian berawal pada Selasa (6/10/2020), saat itu semua gembala (pewarta) yang bertugas di seluruh Stase Gereja Katolik Roma yang berada di bawah Paroki Bilogai melakukan pertemuan di paroki untuk pembagian tema, termasuk korban Agustinus Duwitau.

Setelah kegiatan, korban menginap di rumah saudara Ismail Duwitau.

Kamal mengklaim, setelah kejadian penembakan tersebut, situasi keamanan di Intan Jaya kondusif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com