Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Piknik dari Tempat Wisata Air, 10 Warga Temanggung Positif Covid-19

Kompas.com - 06/10/2020, 11:39 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Khairina

Tim Redaksi

 

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, meningkat lagi. Kasus terbaru muncul dari klaster piknik yang ditemukan di Kecamatan Parakan.

"Ada klaster baru yang muncul di wilayah Temanggung, yakni klaster piknik. Masih dari Kecamatan Parakan," kata Bupati Temanggung, M. Al Khadziq dalam keterangan pers diterima Selasa (6/10/2020).

Khadziq menjelaskan, kasus ini diketahui setelah ada seorang warga Parakan, Kauman sakit lalu meninggal dunia.

Setelah dites usap (swab test) orang tersebut dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Baca juga: 26 Santri di Cilacap Positif Covid-19, Salah Satu Ponpes Lockdown

Hasil tracing petugas diketahui bahwa orang tersebut baru pulang berwisata ke sebuah obyek wisata air di Kabupaten Banjarnegara bersama rombongan. 

Petugas pun langsung menggelar tes usap terhadap rombongan, dan hasilnya 9 orang di antaranya juga positif Covid-19.

"Rombongan yang ikut piknik tersebut menjalani tes swab. Hasilnya ada sembilan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19," sebut Khadziq.

 Baca juga: Kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal, Tambah 33 Orang 1 Meninggal, Ada Klaster Penginapan

Dengan demikian, kata Khadziq, ada dua klaster di Kecamatan Parakan yang sedang ditangani petugas yakni klaster piknik dan klaster kondangan. Seluruh pasien 2 klaster ini sudah dikarantina.

Selain di Kecamatan Parakan, kasus Covid-19 yang menonjol juga ditemukan di Walitelon (4 kasus), Kaloran dan Kandangan. Ada juga di sebuah pesantren di wilayah ini.

Guna membendung penyebaran virus ini, pihaknya kembali melakukan pengetatan kegiatan masyarakat dan gencar kampanye protokol kesehatan Covid-19.

"Untuk pasien yang positif kami minta karantina di tempat yang disediakan, kalau tidak mau diminta untuk menandatangani surat pernyataan dan harus ada kesanggupan pihak desa dan satgas Jogo Tonggo setempat untuk menjaga pasien agar tidak keluar rumah," tegas Khadziq.

Data terakhir yang diambil dari infografis Covid-19 Kabupaten Temanggung, konfirmasi positif total ada 474 kasus, meliputi konfirmasi saat ini 86 kasus (isolasi mandiri 75, dirawat di RS 11), sembuh 365 dan meninggal dunia 23. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com