Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Remaja Paling Banyak Terpapar Covid-19 di Kota Ambon

Kompas.com - 05/10/2020, 19:36 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Remaja menjadi kelompok paling rentan terpapar Covid-19 di Kota Ambon.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, dari total kasus konfirmasi positif di Ambon, kelompok usia remaja tercatat yang paling banyak terpapar.

Baca juga: Banjir dan Longsor di Ambon, 120 Rumah Warga dan Sejumlah Fasilitas Umum Rusak

“Satu hal yang perlu kalian tahu bahwa tingkat terkonfirmasi para pasien ini yang paling besar persentasinya itu ada pada usia remaja,” kata Richard di Ambon, Senin (5/10/2020).

Richard merinci, dari total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Ambon, sebanyak 26 persen merupakan kelompok usia 25-34 tahun.

Selanjutnya, kelompok usia 75-84 tahun sebanyak 0,8 persen, kelompok usia 65-74 tahun sebanyak 2,3 persen, dan kelompok usia 55-64 tahun sebanyak 8,4 persen.

“Sisanya itu didominasi oleh kelompok remaja, jadi pasien yang paling banyak terpapar Covid-19 di Ambon ini kelompok remaja,” ujarnya.

Richard pun meminta para remaja di Kota Ambon lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan, baik saat di dalam atau di luar rumah.

“Jadi jangan lupa pakai masker, masker masker,” kata Richard.

Menurutnya, kasus positif Covid-19 di Kota Ambon terus meningkat dalam sepekan terakhir. Pemkot pun gencar melakukan tracing untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kenapa kita punya tingkat konfirmasi itu tinggi karena hasil tracing banyak anak-anak muda ini OTG, mereka membawa ke anggota keluarga lain, dan itu sesuai hasil tracing, kita lakukan itu berdasarkan protap dari WHO,” jelasnya.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Menurun, Wali Kota Malang: Masyarakat Mulai Disiplin...

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, sebanyak 2.474 kasus positif tercatat hingga Minggu (4/10/2020).

Sebanyak 1.484 pasien sembuh, 30 meninggal, dan 960 masih dirawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com