Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Mantan Gubernur Riau Bilang Provinsi Riau Pesisir Terbentuk dalam 3 Bulan, Butuh 1.000 Pegawai

Kompas.com - 05/10/2020, 14:08 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Mantan Gubernur Riau Annas Maamun berbicara soal pembentukan provinsi baru, yakni Provinsi Riau Pesisir.

Annas Maamun menyebut provinsi baru ini akan jadi dalam kurun waktu tiga bulan.

Hal itu disampaikannya saat hadir dalam rapat paripurna hari jadi ke-21 Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) di DPRD Rohil, Minggu (4/10/2020). Video saat menyampaikan pembentukan provinsi baru beredar di grup WhatsApp.

"Ini Provinsi Riau Pesisir ini jadi, Pak. Akan jadi yakinlah. Saya targetkan tiga bulan lagi jadi Provinsi Riau Pesisir," ucap Annas disambut dengan tepuk tangan yang meriah.

Baca juga: Bupati Sragen Sebut Usulan Eks Keresidenan Surakarta Jadi Provinsi Baru Hanya Buang-buang Duit

Namun, kata dia, yang menjadi permasalahan saat ini adalah letak ibu kotanya. Apakah ibu kotanya di Kabupaten Bengkalis atau Bagansiapiapi, Rohil, ini yang sedang diperebutkan.

Annas mengatakan, kalau Provinsi Riau Pesisir sudah terbentuk, tidak kurang dari 1.000 orang penerimaan pegawai.

"Anak-anak kita bisa masuk (pegawai). (Soalnya) sekarang mata pencarian susah. Makanya, kita rebut Kota Bagansiapiapi jadi ibu kota Provinsi Riau Pesisir," kata Annas.

Tak hanya itu, Annas Maamun juga mengaku telah bertemu dan bicara dengan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengenai rencana pembentukan Provinsi Riau Pesisir ini.

"Saya sudah jumpa dengan Pak Moeldoko waktu mau pulang ke Riau. Tolong, Pak. (Dia bilang) 'Insya Allah'," sebut pria yang baru bebas dari penjara pada Senin (21/9/2020).

Baca juga: 4 Fakta Baru Keraton Agung Sejagat, Mengaku Berbohong hingga Dikeluarkan dari Sunda Empire

Tanggapan Pemprov Riau

Menanggapi hal ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menilai wacana pembentukan provinsi baru tersebut hanya pendapat pribadi dari Annas Maamun.

"Riau Pesisir itu kan omongan Pak Annas, bukan omongan kita. Itu hanya pendapat pribadi saja," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Riau Yan Prana Jaya saat dikonfirmasi wartawan, Senin (5/10/2020).

Ia justru menyebut saat ini Pemprov Riau lebih fokus dalam membangun infrastruktur untuk dapat menghubungkan keseluruhan wilayah kabupaten hingga ke provinsi tetangga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com