Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Kampanye Putra Presiden di Pilkada Solo, Megawati dan Sandiaga Uno Siap "Turun Gunung"

Kompas.com - 04/10/2020, 10:58 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - Sejumlah elite politik dikabarkan akan turun tangan untuk menjadi juru  kampanye pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa di Pilkada 2020.

Dari rangkuman pemberitaan Kompas.com, sejumlah tokoh politik yang akan "turun gunung" melakukan kampanye itu antara lain Sandiaga Salahuddin Uno, Megawati Soekarnoputri, dan Puan Maharani.

Dengan upaya yang dilakukan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan elektabilitas Gibran-Teguh dalam Pilkada 2020 nanti.

Namun demikian, karena kondisinya masih dalam situasi pandemi corona, kampanye yang akan dilakukan sejumlah tokoh itu kemungkinan secara virtual.

Alasan Sandiaga Uno turun tangan

Pasangan Sandiaga Uno dan Nur AsiaYouTube/Th Hermansyah A6 Pasangan Sandiaga Uno dan Nur Asia

Ketua DPC Partai Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno membenarkan informasi terkait kesediaan Sandiaga Salahuddin Uno untuk menjadi juru kampanye (jurkam) putra presiden tersebut.

Menurutnya, Sandiaga bersedia menjadi jurkam Gibran-Teguh karena tidak lepas dari lobi politik di tingkat elite.

"Lobi-lobinya politik tingkat tinggi. Karena Ketum kami (Prabowo Subianto) dengan Pak Jokowi sangat dekat sekali. Ketum kami dengan Bu Mega (Megawati Soekarnoputri) sangat dekat sekali. Termasuk Bang Sandi dengan Pak Jokowi sangat dekat sekali. Jadi pembicaraannya sudah tingkat tinggi," kata Ketua DPC Partai Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno saat dihubungi Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Kamis (1/10/2020).

Baca juga: Sandiaga Uno Jadi Jurkam Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, bentuk kampanye yang akan dilakukan tersebut kemungkinan melalui virtual.

Sandiaga, kata Ardianto, selama ini dianggap cukup mendukung program yang digagas pasangan Gibran-Teguh. Salah satunya terkait dengan pemberdayaan pelaku UMKM.

"Bang Sandi ini sangat nyambung dengan Mas Gibran dengan UMKM-nya itu," tutur dia.

Kehadiran Megawati dan Puan Maharani

Ketua Umum PDI-P Soekarnoputri saat meresmikan Monumen Mutiara Bangsa di Palu, Sulawesi Tengah secara virtual, Rabu (22/7/2020). Dokumentasi PDI-P Ketua Umum PDI-P Soekarnoputri saat meresmikan Monumen Mutiara Bangsa di Palu, Sulawesi Tengah secara virtual, Rabu (22/7/2020).

Terpisah, strategi serupa juga akan dilakukan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani juga dikabarkan ikut turun tangan untuk menjadi juru kampanye putra presiden tersebut.

"Iya pasti (Megawati dan Puan jadi Jurkam). Semua petinggi partai itu menjadi jurkam untuk Pilkada Solo. Kalau enggak didaftarkan dulu kan enggak boleh nanti tiba-tiba datang (kampanye) terus jadi jurkam kan enggak boleh sama KPU," kata Ketua Pemenang bakal pasangan calon Gibran-Teguh, Putut Gunawan saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Megawati dan Puan Jadi Jurkam Gibran-Teguh di Pilkada Solo

Dengan kehadiran Megawati menjadi jurkam tersebut diharapkan dapat meningkatkan elektabilitas pasangan Gibran-Teguh pada Pilkada nanti.

Adapun, terkait dengan teknis kampanye yang akan dilakukan ketua umumnya tersebut belum bisa dipastikan. Namun demikian, kemungkinan dilakukan secara daring.

"Semua harapan (Megawati) hadir. Tetapi kan sekarang ada pembatasan yang lebih ketat soal protokol Covid-19. Jadi kabarnya hanya diperbolehkan untuk 50 orang, masak Bu Mega mau datang ke Solo hanya untuk pidato pada 50 orang, kan enggak, mungkin nanti Bu Megawati pidato melalui daring," ungkapnya.

Penulis : Labib Zamani, Haryanti Puspa Sari | Editor : Dony Aprian, Fabian Januarius Kuwado

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com