Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Keunikan Batik Banten, Ragam Motif Istimewa Warisan Kesultanan

Kompas.com - 02/10/2020, 17:54 WIB
Rasyid Ridho,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Kesultanan Banten merupakan salah satu kerajaan Islam di Indonesia yang pernah berjaya dan mewariskan benda-benda bersejarah.

Corak dari benda-benda peninggalan zaman Kesultanan Banten itulah yang digunakan oleh almarhum Uke Kurniawan, penggagas batik Banten untuk melahirkan 75 ragam hias motif khas Banten.

Nama motif batik Banten kebanyakan berkaitan dengan sejarah Banten, seperti motif Memoloan yang merupakan nama kontruksi bangunan atap menara masjid dan pendopo Kesultanan Banten.

Baca juga: Hari Batik Nasional 2020, Warisan Budaya Hidup Jika Dilestarikan

Kemudian, motif Paseban, yakni tempat menghadap Sultan atau motif Kawunganten yang bermakna tempat, tata ruang perstirahatan ibunda sultan di lingkungan istana.

"Batik Banten sangat istimewa, punya filosofi, ragam motifnya juga diambil dari artefak, benda-benda Kesultanan Banten hasil ekskavasi para arkeolog," kata Assriana Kennadiani yang merupakan putri dari Uke Kurniawan, saat berbincang dengan Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

Assriana atau yang disapa Nadia menjelaskan bahwa batik Banten yang dibuat Ayahnya berawal dari keinginan menciptakan motif dari kearifan lokal.

Pada 2003, Uke mulai membuat 7 motif batik Banten dari ragam hias benda kuno yang ditransformasi ke media kain katun dan sutra.

"Batik Banten juga sebagai sebuah rekontruksi sejarah yang dapat bercerita tentang kekhasan budaya Banten. Itu yang membuat istimewa dan beda," ujar Nadia.

Baca juga: Mengenal Batik, Wastra Indonesia yang Diakui Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com