Jokowi: Labuan Bajo Harus Betul-betul Menjadi Kawasan Premium

Kompas.com - 01/10/2020, 22:19 WIB
Presiden Jokowi tiba di Bandar Udara Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (1/10/2020). Sekretariat PresidenPresiden Jokowi tiba di Bandar Udara Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (1/10/2020).

KUPANG, KOMPAS.com - Presiden Jokowi terus berkomitmen untuk menjadikan Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai kawasan super prioritas atau super premium.

Hal itu disampaikan Jokowi, saat melakukan kunjungan kerja di Labuan Bajo, Kamis (1/10/2020) siang.

Jokowi menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut pada tahun 2021 mendatang.

Baca juga: Kamis, Presiden Jokowi Berkunjung ke Labuan Bajo, NTT

"Hari ini saya meninjau sekaligus mengontrol pembangunan di titik-titik kawasan yang telah direncanakan tahun lalu. Seperti yang kita lihat saat ini di kawasan Goa Batu Cermin dengan progres 47 persen," kata Jokowi, dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Kamis malam.

Selanjutnya, penataan kawasan Puncak Waringin yang dipakai untuk menampilkan kerajinan prodak-prodak yang ada di NTT terutama tenun, ukiran dan lainya.

Kemudian, kata Jokowi, kawasan kampung ujung sampai ke kawasan Marina, yang akan ditata trotoarnya termasuk pelabuhannya akan pindah ke Wae Kelambu.

"Kita harapkan penataan pertama selesai tahun 2020 dan penataan tahap dua selesai tahun 2021. Juga kawasan Pulau Rinca akan ditata sesuai dengan alam yang ada di kawasan tersebut. Kawasan Labuan Bajo harus betul-betul menjadi kawasan premium," ujar Jokowi.

Baca juga: Ke Labuan Bajo, Jokowi Tinjau Sarana Pariwisata

Dalam kunjungannya di Labuan Bajo, Jokowi menuju Kampung Ujung, Waecicu dan Goa Batu Cermin untuk melakukan peninjauan pengerjaan penataan kawasan-kawasan tersebut.

Setelah itu, Jokowi memantau kelanjutan proyek pembangunan terminal multipurpose atau multifungsi Labuan Bajo dan selanjutnya memberikan bantuan modal kerja kepada 60 pelaku usaha mikro dan kecil.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X