Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

328 Santri di Banyumas Terpapar Covid-19, Forum Ponpes: Ini Bukan Aib

Kompas.com - 01/10/2020, 12:39 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

 

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sebanyak 328 santri di salah satu pondok pesantren (Ponpes) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19).

Juru Bicara Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Banyumas Ustadz Enjang Burhanudin Yusuf menyampaikan, sebagian besar santri yang terpapar dalam kondisi sehat.

"Jadi wali santri dan masyarakat tidak perlu resah, karena laporan Dinas Kesehatan (Dinkes) 95 persen dalam kondisi sehat secara fisik," kata Enjang saat konferensi pers di di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis (1/10/2020).

Baca juga: 328 Santri di Banyumas Terjangkit Covid-19, 20 Sudah Sembuh

Enjang mengatakan, untuk sementara para santri yang positif diisolasi di beberapa lokasi. Tujuannya agar tidak menular ke orang-orang yang memiliki risiko tinggi.

"Kondisi santri (di tempat karantina) baik-baik saja. Wali santri tidak perlu khawatir, karena kami koordinasi terus dengan Pemkab," ujar Enjang.

Lebih lanjut, Enjang mengatakan, sejak awal pandemi Covid-19 seluruh ponpes di Banyumas telah berusaha mencegah penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Semenjak enam bulan terakhir ponpes sudah berkoordinasi satgas Covid-19. Kami bersinergi untuk bersama-sama agar pesantren tidak terpapar Covid-19. Kami juga sudah membentuk satgas Covid-19 di pesantren, kami sudah menerapkan protokol kesehatan," kata Enjang.

Baca juga: Santri Terpapar Covid-19 di Banyumas Tambah Jadi 328, Semuanya Sehat

Kasus Covid-19 yang terjadi di lingkungan ponpes, menurut Enjang, dapat terjadi di mana pun.

"Covid-19 bisa menyerang siapa pun, tanpa mengenal jabatan, agama apa pun. Ini bukan aib, ini pelajaran untuk menjaga diri agar terlindungi semua. Secara spiritual kami selalu memanjatkan doa. Jadi usaha jasmani dan rohani sudah kami lakukan," ujar Enjang.

Diberitakan sebelumnya, sntri salah satu ponpes di Kabupaten Banyumas, yang terpapar Covid-19 kembali bertambah 136 orang, sehingga total menjadi 328.

Sebanyak 20 di antaranya kini telah dinyatakan sembuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com