Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

21.000 Warga Jalani Tes Swab di Kota Malang, 1.780 Kasus Positif Covid-19

Kompas.com - 30/09/2020, 19:25 WIB
Andi Hartik,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Sekitar 21.000 warga di Kota Malang sudah menjalani tes swab. Hal itu berdasarkan data yang terhimpun di Satgas Covid-19 Kota Malang.

"Jumlah swab kita belum mendata secara keseluruhan. Namun yang sudah terdata, secara keseluruhan 21.000 sekian," kata Humas Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Mu'arif melalui sambungan telpon, Rabu (30/9/2020).

Sementara itu, angka kesembuhan kasus Covid-19 di Kota Malang meningkat. Gugus tugas mencatat angka kesembuhan mencapai 82 persen.

Angka itu berada di atas target yakni 81 persen. Namun, masih berada di bawa rata-rata kesembuhan tingkat Provinsi Jawa Timur yang mencapai 85 hingga 86 persen.

Tingginya angka kesembuhan itu menyebabkan ruangan safe house yang disediakan Pemerintah Kota Malang banyak yang kosong.

Safe house yang ada di gedung milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Jalan Kawi Kota Malang hanya terisi 59 orang dari total kapasitas 90 orang.

"Ditambah RSUD kita (RSUD Kota Malang) sebagai rumah sakit darurat Covid-19," jelasnya.

Rumah sakit lapangan

Meski angka kesembuhan tinggi, Husnul mengatakan rencana pembangunan rumah sakit lapangan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang (Polkesma) di Jalan Ijen Kota Malang tetap berlanjut.

Sebab, rumah sakit lapangan tersebut merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Rumah sakit lapangan bisa digunakan masyarakat di kawasan Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, serta daerah lain.

"Jadi kalau rumah sakit darurat lapangan itu kan inisiasi dari pemerintah provinsi, untuk membantu Malang Raya dan juga daerah lain untuk meminimalisir adanya isolasi," jelasnya.

Sebanyak 1.780 kasus positif Covid-19 tercatat di Kota Malang hingga Rabu (30/9/2020). 

Rinciannya, meninggal sebanyak 170 orang, sembuh sebanyak 1.495 orang, bertambah 28 orang, dan masih dalam pemantauan sebanyak 115 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com