Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Barat Siap Bangkitkan Industri Wisata MICE

Kompas.com - 25/09/2020, 18:53 WIB
Putra Prima Perdana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, Provinsi Jawa Barat siap membangkitkan kembali industri pariwisata berbasis Meeting, Incentive, Conference and Exhibition (MICE) di Jawa Barat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Menurut Dedi, industri wisata MICE merupakan produk unggulan Jawa Barat yang sangat mungkin untuk dibangkitkan kembali di masa pandemi Covid-19.

"Kita sangat siap. Kuncinya aktivitas sekarang adalah tiga M. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," kata Dedi dalam Sosialisasi dan Simulasi Panduan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) di 9 destinasi MICE, di Mansion Pine Kamis, (23/9/2020).

Baca juga: Ini Nomor Urut Pasangan Calon di Pilkada Serentak Jabar 2020

Dedi menjelaskan, pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak hebat terhadap perekonomian Pemerintah Provinsi Jawa Barat terutama menurunnya pendapatan pajak daerah dari sektor pariwisata. Tercatat hingga Agustus 2020, 67.000 lebih pekerja industri pariwisata dan ekonomi kreatif terdampak pandemi.

"Nah, ini bagaimana kita untuk bangkit. Alhamdullilah program BISA, bantuan sembako, bantuan langsung tunai ini adalah salah satu sumbangsih dari pemerintah Jawa Barat maupun pusat yang juga dapat membangkitkan," ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Pengembangan Jejaring dan Kapasitas Wisata Pertemuan,  Insentif, Konvensi, dan Pameran (MICE) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Parekraf RI Titik Lestari menjelaskan, bagi pelaku industri wisata yang MICE, panduan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan pada kegiatan MICE merupakan standar prosedur yang wajib dilakukan.

"Aturan teknisnya spesifiknya akan disesuaikan dengan panduan yang dibuat oleh Asosiasi dan Industri MICE, sesuai dengan kebutuhan di lapangan," jelasnya.

Baca juga: Dampak PSBB Jakarta, Hotel di Bandung Kehilangan Pasar MICE

Ia menambahkan, panduan ini merupakan aplikasi panduan operasional dari Keputusan Menteri Kesehatan tentang protokol kesehatan. Selain itu juga, mengacu pada protokol dan panduan yang telah ditetapkan Pemerintah Indonesia, WHO, Travel and Tourism Council serta Asosiasi MICE.

Penerapan tersebut saat ini tengah disialisasikan oleh kepada para pelaku industri wisata MICE di 9 destinasi MICE yakni Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Manado, Lombok, Banten (mewakili DKI Jakarta), Semarang dan Batam.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com