Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Ini Sediakan Wifi Gratis untuk Siswa Belajar Online, tetapi Ada Syaratnya

Kompas.com - 25/09/2020, 13:06 WIB
Rahmadhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Masjid Darul Huda yang beralamat di Jalan Wirasakti I, Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat, menyediakan wifi gratis untuk siswa yang ingin belajar dengan sistem online.

Namun, pengurus masjid memberikan syarat kepada siswa yang belajar online tersebut.

"Kami mewajibkan mereka shalat duha. Jika mereka datang untuk belajar online di pagi hari. Sedangkan kalau siang hari, mereka datang mereka shalat zuhur," ujar pengurus Masjid Darul Huda Fatih kepada sejumlah media, Jumat (25/9/2020).

Baca juga: Bantu Siswa Belajar Online, Pemkot Padang Buat Program Gabunet dan Wifi Gratis

Lebih jauh dikatakan Fatih, setiap harinya bisa sampai 30 orang yang memanfaatkan wifi gratis di Masjid Darul Huda tersebut.

"Jumlahnya tidak tetap yang datang. Sehari itu bisa sampai 30 orang. Yang datang itu tidak hanya siswa untuk belajar daring, tetapi ada juga mahasiswa yang ingin mengirimkan tugasnya," sebutnya.

Untuk menjaga siswa yang memakai wifi gratis dari hal-hal yang negatif seperti untuk bermain game, pihak pengurus melakukan pemantauan.

"Nanti akan ada pengurus yang mengawasi mereka belajar. Apakah benar mereka belajar atau bermain. Jika ada yang main game maka akan ditegur. Para siswa itu wajib menerapkan protokol kesehatan selama belajar, seperti menggunakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak," sebutnya.

Masjid Darul Huda merupakan salah satu masjid yang mendapat bantuan internet gratis dari Pemkto Padang.

"Untuk membantu siswa belajar daring, Pemkot Padang membuat program internet gratis untuk masjid dan mushala serta gerakan seribu untuk jaringan internet (Gebunet). Ada 11 masjid dan mushala yang kami bantu," kata Wali Kota Padang Mahyeldi, Kamis (24/9/2020).

Baca juga: Bantu Pelajar, Masjid dan Sekolah di Agam Dibekali Wifi Gratis

Mahyeldi mengatakan, meski saat ini masa pandemi, para siswa tidak boleh berhenti belajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com