Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Daerah, Anggota DPR, Jenderal dan Pengusaha Bertarung di Pilkada Sumbar

Kompas.com - 23/09/2020, 16:34 WIB
Perdana Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menetapkan empat calon gubernur dan wakil gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020.

Penetapan calon itu melalui rapat pleno KPU Sumbar yang dihadiri Ketua KPU Amnasmen, empat komisioner Gebril Daulay, Izwaryani,  Nova Indra dan Yanuk Sri Mulyani, di aula KPU Sumbar di Jalan Pramuka, Padang, Rabu (23/9/2020).

Empat calon yang ditetapkan itu yaitu Mahyeldi-Audy Joinaldy yang diusung PKS dan PPP; Nasrul Abit-Indra Catri dari Gerindra; Mulyadi-Ali Mukhni dari Demokrat dan PAN serta; Fakhrizal-Genius Umar dari koalisi Golkar, Nasdem dan PKB.

"Hari ini kita tetapkan empat calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar melalui rapat pleno KPU Sumbar," kata Ketua KPU Sumbar Amnasmen yang dihubungi Kompas.com, Rabu.

Baca juga: 4 Penyelanggara Pemilu Positif Covid-19, Tahapan Pilkada Sumbar Tetap Lanjut

Rapat pleno tersebut akan dilaksanakan secara tertutup tanpa dihadiri pasangan calon dan di bawah penjagaan ketat aparat kepolisian.

Amnasmen mengatakan, setelah ditetapkan, empat pasangan calon ini akan diundi untuk mendapatkan nomor urut pada Kamis (24/9/2020) besok.

Pengundian nomor urut ini dilaksanakan secara terbuka dan diikuti pasangan calon. Namun jumlah yang hadir dibatasi dan KPU akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Pengundian besok terbuka dihadiri pasangan calon, namun jumlah yang hadir dibatasi dan pakai protokol kesehatan yang ketat," jelas Amnasmen.

Seperti diketahui empat pasangan calon ini berasal dari kepala daerah, anggota DPR RI, jenderal polisi dan pengusaha.

Mahyeldi merupakan wali kota Padang dua periode dan wakilnya Audy berlatar belakang pengusaha.

Sementara Nasrul Abit adalah wakil gubernur Sumbar, mantan bupati Pesisir Selatan dua periode. Wakilnya, Indra Catri merupakan bupati Agam dua periode.

Selanjutnya Mulyadi adalah anggota DPR RI dengan wakilnya, Ali Mukhni yang merupakan bupati Padang Pariaman dua periode.

Baca juga: DPS Pilkada Sumbar, Pemilih Perempuan Lebih Banyak dari Laki-laki

Fakhrizal adalah polisi berpangkat Inspektur Jenderal dan mantan Kapolda Sumbar yang berpasangan dengan Genius Umar (wali kota Pariaman).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com