Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Detik-detik Banjir Bandang Terjang Sukabumi, 2 Warga Hilang

Kompas.com - 22/09/2020, 09:22 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Ratusan rumah warga di Sukabumi, Jawa Barat, terendam banjir bandang, Senin (21/9/2020).

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi, dua warga pembuat roti di Kecamatan Cicurug dilaprokan hilang terseret banjir.

Sementara itu, proses pencarian korban masih terus dilakukan bersama warga. 

"Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian dan karena kondisi sudah malam, ditambah minim penerangan, maka operasi SAR akan dilanjutkan pada Selasa," kata Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna, dilansir dari Antara, Senin.

Petugas memeriksa kondisi kendaraan yang terbawa arus banjir bandang di Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/9/2020). Banjir bandang karena hujan deras tersebut mengakibatkan satu rumah warga terseret arus dan dua orang dilaporkan hilang terbawa arus. ANTARA FOTO/Iman Firmansyah/agr/pras.Iman Firmansyah Petugas memeriksa kondisi kendaraan yang terbawa arus banjir bandang di Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/9/2020). Banjir bandang karena hujan deras tersebut mengakibatkan satu rumah warga terseret arus dan dua orang dilaporkan hilang terbawa arus. ANTARA FOTO/Iman Firmansyah/agr/pras.

Sutisna menjelaskan, banjir bandang merendam empat kampung, Cipari di Desa Cisaat, Kampung Cibuntu di Desa Pasawahan, Kampung Nyangkowek dan Kampung Lio di Desa Mekarsari.

Menurut Sutisna, setelah hujan deras berjam-jam dengan intensitas tinggi, membuat sejumlah sungai meluap.

Sekitar pukul 17:00 WIB, banjir pun mulai menerjang sejumlah wilayah.

Warga melintasi genangan banjir bandang di Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/9/2020). Pada pukul 20.30, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat sebanyak 12 rumah hanyut, 85 rumah terendam dan 1 unit mobil tersapu saat banjir bandang. ANTARA FOTO/Iman Firmansyah/agr/pras.Iman Firmansyah Warga melintasi genangan banjir bandang di Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/9/2020). Pada pukul 20.30, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat sebanyak 12 rumah hanyut, 85 rumah terendam dan 1 unit mobil tersapu saat banjir bandang. ANTARA FOTO/Iman Firmansyah/agr/pras.

Dari data sementara, ratusan rumah milik warga terkenda dampak. Petugas hingga saat ini masih melakukan pendataan.

Selain itu, dilansir dari Antara, jembatan penghubung antara Kampung Bantar (perbatasan dengan Desa Kompa Parungkuda) dengan Kampung Tapos terputus di Desa Pondokaso Tengah.

Banjir juga merendam pabri PT Aqua Golden Mississipi yang berada di Jalan Siliwangi, Desa Mekarsari, juga terendam banjir setinggi 30 sentimeter.

Banjir diduga tembok panel tak kuat menahan terjangan banjir bandang. Akibatnya, pabrik terpaksa berhenti beroperasi untuk sementara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com