Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gugus Tugas Jabar Sudah Lama Bidik Klaster Pabrik Epson di Cikarang Bekasi

Kompas.com - 21/09/2020, 17:13 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Jabar Daud Achmad menyatakan, perkembangan ratusan pegawai pabrik printer Epson, Cikarang, Kabupaten Bekasi yang terpapar Covid-19 sudah dipantau sejak lama.

Pemantauan dilakukan saat kasus Covid-19 mencuat di kawasan industri di Jabar. Pihaknya pun sudah melakukan pelacakan sebelum ditemukaannya 300 lebih pegawai yang terpapar.

"Waktu itu muncul klaster industri di Bekasi. Epson itu sudah ada (terpantau) tapi masih terus tracing. Awalnya sekitar 150-an dan sekarang finalnya 350-an," ujar Daud kepada wartawan di Mapolda Jabar, Senin (21/9/2020).

Baca juga: 369 Karyawan Pabrik Epson Cikarang Terpapar Covid-19

Saat ini, kata Daud, para pegawai telah melakukan isolasi. Ia tak menjelaskan soal jumlah yang dirawat ataupun menjalani isolasi mandiri.

"Ya tindak lanjutnya pabrik itu kan pabrik besar. Pada dasarnya mereka sudah siap. Artinya yang 350 itu sudah isolasi," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan setiap gugus tugas di kabupaten/kota perlu memberikan sosialisasi yang jelas dan berkelanjutan kepada masyasrakat agar lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sehari-hari.

Baca juga: Kabupaten Karawang, Kota Bekasi dan Cirebon Jadi Zona Merah Covid-19

Ia pun meminta masyarakat agar membatasi aktivitas di luar rumah jika tak ada kebutuhan mendesak.

"Kami berkerja sama dengan suatu perusahaan di dilihat daerah mana, kecamatan mana, kampung mana, yang paling tinggi di dilihat dari mobilitas masyarakatnya," ucapnya.

Diketahui sebelumnya, sebanyak 369 karyawan perusahaan Multinasional PT Indonesia Epson Industry (IEI) di kawasan industri EJIP, Cikarang, Kabupaten Bekasi, terpapar Covid-19.

“Iya benar (totalnya ada 369 karyawan yang terpapar Covid-19),” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah saat dikonfirmasi, Senin (21/9/2020).

Alamsyah menyampaikan, klaster tersebut ditemukan pertama kali pada 19 September 2020. Awalnya, salah satu karyawan yang kontak erat dengan pasien Covid-19 alami sakit. Lalu, saat diperiksa ternyata karyawan tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga: Ridwan Kamil: Ada Klaster Baru Covid-19 di Kawasan Industri Cikarang, Termasuk Pabrik LG dan Suzuki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com