Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

36 Santri Positif Corona, Ini Catatan dari Satgas Covid-19 Lamongan

Kompas.com - 19/09/2020, 15:49 WIB
Hamzah Arfah,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Sebanyak 36 santri di salah satu pondok pesantren (Ponpes) di Kecamatan Babat, Lamongan, Jawa Timur, terkonfirmasi positif Covid-19.

Jumlah tersebut diketahui setelah 46 orang santri menjalani tes swab.

Guna mencegah terulangnya penularan virus, Satgas Covid-19 Kabupaten Lamongan terus mengingatkan masyarakat untuk tidak abai dan lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: 36 Santri di Lamongan Positif Covid-19, Ponpes Ditutup

Sementara itu, Ponpes lain yang ada di Lamongan bakal dipantau melalui unit puskesmas terdekat.

Apabila ditemukan tanda serta gejala, maka tes swab massal akan kembali dilakukan di sekitaran obyek tersebut.

"Bila ada indikasi akan dilakukan. Artinya, bila ada satu atau dua yang batuk, pilek, serta gejala Covid-19 lain, akan di-swab massal. Kita pantau dari puskesmas terdekat," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Lamongan Taufik Hidayat saat dihubungi, Sabtu (19/8/2020).

Baca juga: Pedagang di Malioboro yang Positif Corona Bertambah 2 Kasus

Menurut Taufik, upaya pencegahan akan lebih baik apabila dilakukan oleh masyarakat, sehingga tidak harus menunggu ada seseorang di lingkungan yang positif Covid-19.

"Semua kegiatan masyarakat yang terkait kerumunan dan mobilitas tinggi akan berpotensi terjadi transmisi penularan. Untuk itu, kepatuhan kedisiplinan protokol kesehatan harus dijalankan," ucap dia.

Taufik yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan ini juga berpesan kepada instansi kesehatan yang ada di Lamongan untuk lebih memberikan perhatian ekstra pada tenaga kesehatan di tempat masing-masing.

"Karena di Lamongan terdapat rumah sakit swasta yang pegawainya ada 15 orang terinfeksi," kata Taufik.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 36 santri di salah satu Ponpes yang ada di Kecamatan Babat, Lamongan, terkonfirmasi positif Covid-19.

Saat ini, mereka yang terkonfirmasi positif sudah menjalani isolasi mandiri di lingkungan Ponpes dengan pengawasan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Lamongan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com