Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Komisioner Bawaslu Agam Positif Covid-19, Diduga Tertular dari Bacalon Bupati

Kompas.com - 16/09/2020, 13:35 WIB
Perdana Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Selain dua komisioner KPU Agam, Sumatera Barat, dua komisioner Bawaslu Agam juga dinyatakan positif Covid-19.

Dua komisioner Bawaslu Agam yang positif tersebut adalah IA dan EE.

Hasil tes empat penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Agam itu dikeluarkan Laboratorium Kedokteran Universitas Andalas, Padang, Rabu (16/9/2020).

"Benar ada dua Komisioner KPU dan Bawaslu Agam yang positif. Hasil tesnya keluar tadi," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Agam, Khasman Zaini yang dihubungi Kompas.com, Rabu.

Baca juga: Pulang dari Jakarta, Anggota DPRD Sumbar Positif Covid-19

Selain empat penyelenggara Pemilu itu, kata Khasman, juga ada beberapa pegawai sekretariat KPU Agam yang juga positif terpapar.

"Ada pegawai sekretariat KPU Agam juga yang positif," kata Khasman.

Mereka yang positif, kata Khasman, merupakan hasil tracing dari dua bakal calon bupati Agam, Trinda Farhan dan Andri Warman, yang mendaftar ke KPU Agam beberapa waktu lalu.

"Setelah dua balon bupati tersebut dinyatakan positif, KPU dan Bawaslu ditracing dan dilakukan tes swab. Hasilnya keluar hari ini," kata Khasman.

Kendati sudah ada sejumlah orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari dua bakal calon bupati Agam, Trinda Farhan dan Andri Warman, namun pihaknya belum bisa menyebutkan adanya klaster pilkada di Agam.

"Belum bisa dikatakan klaster Pilkada. Kita akan rapatkan dulu," kata Khasman.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Riko Antoni positif terpapar Covid-19, Rabu (16/9/2020).

"Betul saya sudah dihubungi tim Gugus Tugas Covid-19 Agam. Saya salah seorang yang positif Covid-19 hari ini," kata Riko Antoni yang dihubungi Kompas.com, Rabu.

Riko mengatakan ia serta seluruh petugas KPU Agam menjalani tes swab setelah dua orang bakal calon bupati Agam, Trinda Farhan dan Andri Warman, terlebih dahulu terkonfirmasi positif.

Kedua bakal calon tersebut mendaftar ke KPU Agam beberapa waktu lalu dan melakukan kontak dengan komisioner KPU Agam.

"Setelah dua bakal calon itu diumumkan positif, seluruh petugas KPU Agam melakukan tes swab. Hari ini saya dikonfirmasi positif," kata Riko.

Selain Riko, salah seorang komisioner KPU Agam lainnya juga terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan demikian, ada dua komisioner KPU Agam yang terkonfirmasi positif.

"Selain saya ada satu komisioner lainnya," kata Riko yang tidak bersedia menyebutkan nama komisioner tersebut.

Baca juga: Dua Bacalon Bupati Positif Covid-19, Ketua KPU Agam dan Satu Komisioner Ikut Tertular

Menurut Riko, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan KPU Sumbar dan tim Gugus Tugas Covid-19 Agam.

"Kita sedang koordinasi dengan KPU Sumbar dan tim Gugus Tugas Agam menunggu arahan," jelas Riko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com