Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpanjangan Pendaftaran Pilwakot Semarang Ditutup, Paslon Petahana Calon Tunggal

Kompas.com - 14/09/2020, 23:03 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang telah menutup perpanjangan masa pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang pada Minggu, (13/9/2020).

KPU Semarang telah membuka perpanjangan pendaftaran selama tiga hari, di Hotel Patra Semarang sejak 10-12 September 2020.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom mengatakan hingga batas akhir pendaftaran, hanya ada satu pasangan petahana Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) yang mendaftar ke KPU.

"Hingga batas akhir perpanjangan pendaftaran tidak ada lagi kandidat atau pasangan yang mendaftar," ujarnya, Senin (14/9/2020).

Baca juga: Kedua Paslon Dekat Kekuasaan, Pilkada Kabupaten Semarang Dinilai Rawan Pelanggaran

Setelah perpanjangan pendaftaran ditutup, tahapan selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon pada 14-15 September 2020 di RSUD Kariadi Semarang.

Sementara itu, penetapan paslon akan dilakukan pada 23 September 2020, pengundian nomor urut 24 September 2020, dan kampanye paslon 26 September 2020.

Terpisah, pasangan calon petahana itu pun melanjutkan tahapan pencalonan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Kariadi Semarang pada Senin (14/9/2020).

Baca juga: Lawan Kotak Kosong di Pilkada Kota Semarang, Hendi: Ada Rival Juga Kita Siap

Hari pertama Hendi - Ita secara khusus mengikuti pemeriksaan kesehatan psikologi, serta pemeriksaan fungsi paru dan jantung.

Sedangkan pada hari kedua mereka akan menjalani tes narkoba dari BNN, kejiwaan, serta gula darah pada Selasa (15/9/2020).

"Insya Allah saya dan Mbak Ita sudah sangat siap menjalani tes kesehatan yang akan dilaksanakan, mulai dari tes IQ, psikologinya, psikiatrinya, termasuk tes narkoba," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Sementara terkait tidak adanya pihak yang tampil sebagai penantangnya dalam Pilwalkot Semarang 2020, Hendi menekankan bahwa dirinya bersama Ita sebagai bakal calon, akan mengikuti setiap tahapan yang disyarakatkan oleh KPU Kota Semarang.

"Ya kami mengikuti tahapan KPU saja, kalau nanti ternyata masih bisa ada calon lain juga oke," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com