Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Minta Warga Jakarta Tidak Berwisata ke Jabar Selama PSBB

Kompas.com - 14/09/2020, 17:13 WIB
Dendi Ramdhani,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta warga Jakarta menahan diri untuk tidak berwisata ke Jawa Barat selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid II.

"Kami mengimbau warga Jakarta tidak dulu bepergian ke berwisata ke Jabar, karena hampir 70 persen di Puncak, di mana kan warga Jakarta. Kalau begitu kan tidak mengetatkan, hanya memindahkan interaksi pergerakan. Kami sudah lakukan koordinasi," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Senin (14/9/2020).

Baca juga: Ridwan Kamil Putuskan Bogor, Depok, dan Bekasi Menerapkan PSBM

Emil memastikan, pembatasan antarwilayah di Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) akan terjadi setelah penerapan PSBB di Jakarta.

Saat ini, Dinas Perhubungan Jabar masih membahas skema pembatasan tersebut.

"Wali Kota, Bupati juga sedang menghitung jumlah warga yang kerja informal di Jakarta. Gara-gara PSBB ketat, mereka terdampak tidak bisa berjualan, sehingga berpengaruh pada bansosnya. Ini sedang dihitung apakah PSBB ini di-support dana Bodebek, Provinsi atau pusat," tutur Emil.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut RS di Depok Mulai Penuh dan Mengkhawatirkan

Emil berharap, dalam masa PSBB jilid II ini koordinasi antara Pemprov Jabar dan DKI Jakarta bisa lebih intens, agar setiap kebijakan bisa menjadi keputusan terbaik bagi masyarakat.

"Makanya saya bilang, keputusan di DKI punya pengaruh di regional sampai nasional. Mudah-mudahan koordiansinya bisa lebih baik, lebih mendalam, sehingga semuanya mendukung, tidak terkesan ada perbedaan yang jadi ramai," kata dia.

Selain itu, Emil berencana untuk meninjau fasilitas kesehatan di Bodebek mengingat mayoritas penyebaran Covid-19 terjadi di sana.

"Rutenya, besok di Bandung, lanjut ke Bogor, lanjut ke Depok. Dari sana saya akan membuat pemetaan dan pengetatan, karena ada request," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com