Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

34 Sekolah di Kota Tegal Gelar KBM Tatap Muka

Kompas.com - 09/09/2020, 21:10 WIB
Tresno Setiadi,
Dony Aprian

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Sebanyak 34 sekolah jenjang SMP dan SMA di Kota Tegal telah menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka.

"Terdiri dari 31 SMP negeri dan swasta, dan 3 SMA/SMK," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal Ismail Fahmi, usai mendampingi Wakil Wali Kota M. Jumadi melakukan inspeksi mendadak ke SMP 7 dan SMA 2, Rabu (9/9/2020).

Fahmi mengatakan, 34 sekolah yang melakukan KBM tatap muka dengan sistem bergilir dengan kuota maksimal 50 persen siswa.

Selain itu, ada juga dengan sistem 3 hari berangkat, 4 hari libur dan 7 hari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

"Untuk pembelajaran tatap muka SMP di Kota Tegal sudah mulai dilaksanakan 3 Agustus lalu. Sementara untuk SMA baru mulai sejak 7 September," imbuhnya.

Baca juga: Masuk Zona Oranye Covid-19, Pemkab Ponorogo Tunda KBM Tatap Muka

Sementara itu, Wakil Wali Kota M Jumadi mengatakan, inspeksi mendadak (sidak) yang dilaksanakan untuk memastikan sekolah telah memenuhi prosedur protokol kesehatan ketat.

"Kita memantau beberapa sekolah. Terkait dengan pembelajaran tatap muka. Mulai dari bagaimana persiapan mereka, bagaimana mereka mematuhi protokol kesehatan atau tidak," ujar Jumadi.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, KBM tatap muka secara umum sudah berjalan dengan baik.

"Pelaksanaan KBM tatap muka yang saat ini berlangsung merupakan pilot project. Oleh karena itu harus lebih ekstra hati-hati dan harus lebih ketat dalam melaksanakan protokol kesehatannya," kata dia.

Baca juga: Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Sejumlah Sekolah di Jabar Gagal Gelar KBM Tatap Muka

Jumadi mengaku kedatangannya sekaligus memberikan motivasi kepada guru dan siswa.

"Yang paling utama adalah motivasi kepada siswa siswi, karena merupakan leaders dalam pilot project pembelajaran tatap muka," ujarnya.

Dia berharap pihak sekolah jangan sampai lengah dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Jika hal itu diabaikan, tidak menutup kemungkinan akan muncul klaster baru di sekolah.

"Kita akan melakukan evaluasi pelaksanaan KBM tatap muka. Sesuai anjuran akan menjajaki KBM tatap muka untuk Sekolah Dasar (SD) yang rencananya akan dimulai dua bulan mendatang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com