Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Calon Kepala Daerah di Jateng Berpotensi Lawan Kotak Kosong

Kompas.com - 08/09/2020, 23:28 WIB
Riska Farasonalia,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak enam calon kepala daerah pada Pilkada 2020 di Jawa Tengah berpotensi bakal melawan kotak kosong.

Enam daerah itu antara lain Kota Semarang, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Kebumen.

"Akan memperpanjang pendaftaran selama tiga hari dimulai pada tanggal 10-12 September 2020," kata Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat saat ditemui di kantornya, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Pilkada Kabupaten Semarang 2020, 36.186 Calon Pemilih Dicoret KPU

Pada masa perpanjangan tersebut, kata dia, memungkinkan bagi parpol yang memenuhi syarat untuk dapat mencalonkan paslon.

"Misalnya ada beberapa parpol memenuhi syarat kursinya untuk mengusung calon, itu bisa dimungkinkan mendaftar pada masa perpanjangan itu (10-12 September 2020). Ini berlaku untuk daerah dengan paslon tunggal," jelasnya.

Setelah hal itu terlewati, kata dia, tahapan selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan, verifikasi berkas dan penetapan paslon.

Tahapan pemeriksaan kesehatan sudah dimulai pada tanggal 8-10 September 2020 bagi paslon yang bukan calon tunggal.

Baca juga: 221 Pelanggar Terjaring Razia Masker di Kabupaten Semarang

Pemeriksaan kesehatan sendiri akan dilakukan di RSUD Kariadi Kota Semarang, RSUP Soeradji Tirtonegoro Klaten dan RSUD Moewardi Solo.

"Jika hanya paslon tunggal nanti mekanisme pengundian nomor urut nanti diganti dengan tata letak kolom surat suara di kiri atau di kanan," ungkapnya.

Sedangkan, kata dia, tahapan debat paslon nantinya lebih kepada penajaman visi dan misi dari paslon maksimal tiga kali.

"Kegiatan yang sifatnya menimbulkan kerumanan diimbau tidak mengundang massa pendukung. Kita akan siarkan secara daring untuk setiap tahapannya, jadi bisa diikuti secara live," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com