Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Peserta SKB CPNS Positif Covid-19 dan 24 Reaktif, BKD NTB: Tetap Bisa Ikut Tes

Kompas.com - 08/09/2020, 12:30 WIB
Karnia Septia,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Kepala Badan Kepegawaian Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Nasir menyebutkan, ditemukan 24 peserta reaktif dan seorang positif Covid-19 hingga hari kelima ujian seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Nasir memastikan, peserta yang dinyatakan reaktif dan positif Covid-19 tetap bisa mengikuti tes setelah mendapatkan rekomendasi dari petugas kesehatan.

Baca juga: Video Viral Harimau Sumatera Kurus di Kebun Binatang, Perutnya Terlihat Kempis

"Mereka diperiksa dulu, kalau direkomendasikan oleh petugas kesehatan, mereka bisa ikut," kata Nasir saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (7/9/2020).

Nasir mengatakan, tes seleksi diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Peserta dengan hasil rapid test reaktif menjalani tes SKB CPNS di ruangan khusus. Mereka dipisahkan dari peserta lain yang dinyatakan nonreaktif.

"Sesuai aturan dari pusat, tempat beristirahat dan ruang tunggu pun berbeda dia. Tidak boleh dicampur dengan nonreaktif. Jadi kita jalankan semua protokol itu, mereka juga dipantau terus oleh petugas kesehatan," terang Nasir.

Sementara peserta yang dinyatakan positif Covid-19 bisa mengikuti tes satu hari setelah jadwal seleksi selesai.

"Jadi kita selaku panitia daerah tidak merugikan semua peserta, positif atau reaktif ada tim yang memutuskan. Tim kesehatan merekomendasikan untuk ikut ya kita ikutkan, di ruangan tersendiri," kata Nasir.

Nasir mengatakan, pelaksanaan tes CPNS tahun ini dilaksanakan sesuai ketentuan Panselnas dan direkomendasikan oleh Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 NTB.

Baca juga: SKB CPNS 2019 di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Tes SKB CPNS dilaksanakan mulai tanggal 3-9 September 2020.

Sesuai data BKD NTB, sebanyak 611 peserta yang mengikuti ujian dari total 630 peserta hingga Senin (7/9/2020). Sementara 19 peserta tak hadir dan dinyatakan gugur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com