Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Daftar ke KPU Gresik, Pasangan Qosim-Alif Santuni Anak Yatim

Kompas.com - 06/09/2020, 18:34 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Pasangan calon (paslon) Mohammad Qosim-Asluchul Alif yang didukung oleh PKB dan Gerindra resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik, sebagai salah satu kandidat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gresik 2020, Minggu (6/9/2020).

Sebelum beranjak menuju gedung KPU Gresik yang berada di Jalan Dr Wahidin Soedirohusodo, Paslon Qosim-Alif terlebih dulu mengajak perwakilan parpol dan massa pendukung untuk sarapan nasi krawu, makanan khas Gresik.

Agenda ini dilakukan di posko pemenangan mereka di Jalan Sampit, Perumahan Gresik Kota Baru (GKB).

Selain makan bersama, dalam agenda ini, pasangan ini menyerahkan santunan kepada anak yatim dengan diiringi lantunan shalawat.

Baca juga: Polisi Ingatkan Massa Pendukung Paslon di KPUD Gresik Patuhi Protokol Kesehatan

 

Baru sekitar pukul 09.00 WIB, paslon Qosim-Alif berangkat dengan lebih dulu singgah di Masjid Agung untuk melaksanakan shalat dhuha.

Usai shalat dhuha, paslon Qosim-Alif kemudian memilih berjalan kaki menuju gedung KPU Gresik yang berjarak sekitar 500 meter dari Masjid Agung sambil diiringi sebagian massa pendukung. Mereka berjalan kaki sambil melantunkan shalawat Nabi.

"Alhamdulillah, kami telah melakukan pendaftaran dan mohon doa restu. Semua persyaratan telah diterima oleh KPU dan dinyatakan sah," ujar Qosim kepada awak media setelah proses pendaftaran di gedung KPU Gresik, Minggu.

Qosim bersama Alif juga sempat menjelaskan alasan mereka memilih berjalan kaki dari Masjid Agung menuju gedung KPU Gresik dengan iringan shalawat nabi dan hadrah, kendati jarak yang harus mereka tempuh sekitar 500-an meter.

"Kenapa kami pilih berjalan kaki? Pertama sehat, dan kedua ingin lebih dekat dengan rakyat," ucap Qosim.

Selain massa pendukung yang mengiringi, tampak pula warga dan relawan yang menyambut di pinggir jalan raya.

Terlihat pula perwakilan dari dua parpol yang tidak memiliki anggota di DPRD Gresik, Partai Berkarya dan Gelora, turut bergabung mengiringi paslon Qosim-Alif saat mendaftar ke KPU Gresik.

"Kami kolaborasi dengan relawan yang lain, dengan antusias, serta sarapan pagi bersama," kata pendiri Relawan Gerakan Sosial (RGS) Mohammad Khozin Ma'sum, salah satu relawan pendukung Paslon Qosim-Alif.

Sementara itu, ketua KPU Gresik Akhmad Roni mengatakan, hingga kini sudah ada dua paslon yang telah mendaftar dalam kontestasi Pilkada Gresik 2020.

Sebelum paslon Qosim-Alif pada hari ini, pasangan Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah telah lebih dulu mendaftar pada Jumat (4/9/2020) lalu.

"Sampai tanggal 13 September kami akan lakukan proses verifikasi, dan akan kami sampaikan kepada paslon bila ada yang kurang dan harus dilengkapi," kata Roni.

Baca juga: Pakai Kereta Kencana, Paslon Gus Yani-Aminatun Daftar ke KPU Gresik

Paslon Qosim-Alif maju dalam Pilkada Gresik 2020 setelah mendapat rekomendasi dari PKB dan Gerindra.

Sesuai hasil Pemilihan Legislatif 2019, PKB saat ini memiliki 13 kursi di DPRD Gresik, sementara Gerindra memiliki delapan kursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com