Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bacawabub Pilkada Lampung Selatan Antoni Imam Positif Covid-19

Kompas.com - 05/09/2020, 11:19 WIB
Tri Purna Jaya,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LAMPUNG, KOMPAS.com – Bakal calon wakil bupati (bacawabub) Lampung Selatan, Antoni Imam menyatakan diri terjangkit virus corona.

Pasangan calon kepala daerah yang diusung Partai Golkar, PKS dan Partai Demokrat di Pilkada 2020 Lampung Selatan ini menyatakan dirinya positif Covid-19.

Antoni yang berpasangan dengan Tony Eka Chandra ini mengumumkan dirinya terjangkit Covid-19 pada Jumat (4/9/2020) sekitar pukul 23.45 WIB di laman akun Facebook pribadinya.

Baca juga: Tepuk Tangan Pendukung Berubah Ketegangan, Bupati Halmahera Timur Pingsan Saat Orasi dan Meninggal

Antoni mengungkapkan konfirmasi dirinya terjangkit Covid-19 ini diketahuinya setelah menerima hasil PCR pada Jumat (4/9/2020).

Tes PCR ini sendiri dilakukan pada Kamis (3/9/2020) di RS Abdul Moeloek, Bandar Lampung sebagai salah satu syarat pendaftaran mengikuti pilkada.

“Dari hasil tes PCR itu saya dinyatakan positif (Covid-19). Tapi, alhamdulillah, kondisi fisik saya baik-baik saja,” kata Antoni saat dihubungi, Sabtu (5/9/2020).

Antoni mengatakan, dia belum bisa memastikan bagaimana bisa terjangkit virus corona tersebut.

Baca juga: Positif Covid-19, Bupati Rokan Hilir Mendaftar ke KPU via Video Call

PP Jakarta-Lampung

Padahal, selama ini Antoni mengaku telah mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan handsanitizer dan menjaga jarak fisik.

Namun, dia mengaku sepekan terakhir melakukan perjalanan Lampung – Jakarta beberapa kali untuk mengurus persyaratan calon wakil bupati di Pilkada 2020 Lampung Selatan.

Terkait hal ini, Ketua KPU Lampung Erwan Bustami mengatakan, jika ada bakal calon kepala daerah yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka yang bersangkutan tidak perlu hadir saat mendaftar di KPU.

“Cukup diwakili oleh paslon yang sehat atau partai politik pengusung dengan menyertakan surat keterangan rumah sakit,” kata Erwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com