Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkas Pendaftaran Bambang-Benyamin di Pilkada Gunungkidul Dinyatakan Lengkap

Kompas.com - 04/09/2020, 20:14 WIB
Markus Yuwono,
Dony Aprian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Gunungkidul, Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada 2020.

Proses pendaftaran pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini diawali dengan berjalan kaki sekitar 500 meter dengan iring-iringan Bregodo dari Lapangan Piyaman, Wonosari, tak jauh dari Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul.

Tiba di Kantor KPU Gunungkidul, hanya Bambang, Benyamin, Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul, Endah Subekti, serta seorang LO yang diperbolehkan masuk ke ruangan.

Baca juga: Pendaftar Pilkada Gunungkidul Harus Lampirkan Hasil Swab Negatif

Petugas KPU Gunungkidul yang menerima berkas pendaftaran langsung melakukan penelitian hingga menelan waktu hampir 3 jam.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, berkas pendaftaran Bambang dan Benyamin (Babe) dinyatakan lengkap.

"Kami sudah buat berita acara yang diserahkan ke bapaslon dan partai pendukung," kata Hani kepada wartawan, Jumat (4/9/2020).

Kendati demikian, kata Hani, KPU Gunungkidul masih akan melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas persyaratan yang diserahkan bapaslon.

Proses verifikasi ini berlaku untuk semua pasangan yang mendaftar menjadi calon kepala daerah.

Baca juga: Maju Pilkada Gunungkidul 2020, Sutrisna Wibowo Siap Mundur dari Rektor UNY

Pasangan calon diberikan kesempatan untuk perbaikan apabila terdapat berkas persyaratan yang dinyatakan belum lengkap saat verifikasi administrasi.

Proses verifikasi administrasi dokumen persyaratan berlangsung pada 6-12 September.

Sebelum melewati verifikasi, lanjutnya, seluruh dokumen akan langsung diunggah ke situs resmi KPU Gunungkidul.

Tujuannya agar direspons dan ditanggapi langsung oleh masyarakat.

"Bapaslon juga harus menjalani pemeriksaan kesehatan dahulu sebelum masuk ke tahap verifikasi dokumen," jelas Hani.

Sementara itu, calon bupati Gunungkidul Bambang Wisnu Handoyo menjelaskan, serangkaian pendaftaran yang dilakukan baik dengan berjalan kaki dan iring-iringan Bregodo merupakan bukti keseriusan maju di Pilkada Gunungkidul.

Selain itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) DIY ini mengaku telah mengajukan izin ke instansi terkait.

"Izin kami sampaikan ke Gugus Tugas hingga Polres Gunungkidul, semuanya berjalan tertib dan sesuai protokol kesehatan," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com