Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PAN Dukung Iwan-Iip di Pilkada Tasikmalaya, SK Diserahkan di Ponpes Wagub Jabar

Kompas.com - 04/09/2020, 16:01 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Partai Amanat Nasional resmi mendukung bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Iwan Saputra dan Iip Miftahul Paos di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020.

Surat keputusannya diserahkan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Tasikmalaya milik keluarga besar Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Sebelumnya, pesantren yang memiliki banyak jaringan alumni dan tersebar di seluruh Indonesia itu memunculkan calon bupati dari pimpinan pondok sekaligus anggota DPR RI, Asep Maoshul Affandy, yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN).

Baca juga: Pilkada Tasikmalaya, Golkar Turunkan SK Usung Iwan Saputra-Iip

Namun, karena kekurangan kursi partai sebagai syarat pendaftaran, partai pengusung Asep Maoshul, yakni PAN, turut bergabung dengan koalisi partai yang mengusung Iwan-Iip, yakni Golkar, PKB, PKS dan Partai Nasdem.

"Saya mendapatkan amanat dari Ketua DPP PAN Pak Zulkifli Hasan untuk memberikan SK rekomendasi kepada pasangan yang diusung Golkar, yakni Iwan-Iip," jelas Asep Maoshul, kepada wartawan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (4/9/2020).

Setelah memberikan dukungan kepada pasangan Iwan-Iip, pihaknya pun akan berkoordinasi dengan para ulama lainnya untuk memberikan dukungan penuh kepada pasangan ini.

"Ini sifat personal saya, saya akan segera berkoordinasi dengan para ulama lainnya terkait keputusan mendukung Iwan-Iip," ujar dia.

Sementara itu, salah satu sesepuh Himpunan Alumni Miftahul Huda (Hamida) Dudung mengaku akan menyatakan sikap sesuai pilihan pesantrennya, yakni mendukung Iwan-Iip.

Tapi, pihaknya sampai sekarang masih menunggu keputusan bersama para ulama untuk mendukung salah satu pasangan calon pimpinan Kabupaten Tasikmalaya dalam perhelatan Pilkada 2020.

"Kalau kami akan menunggu keputusan bersama para ulama, nantinya bersikap, saya akan menunggu satu komando," ujar dia.

Baca juga: Tokoh Golkar Keluarkan Petisi Dukung Iwan Saputra di Pilkada 2020

Sampai sekarang pendaftaran pasangan calon di Pilkada Tasikmalaya telah dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah setempat.

Sesuai informasi dari KPU, hari pertama ini, pasangan calon petahana yang diusung PDIP dan PPP, yakni Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin akan mendaftar ke KPU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com