Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pegawai Positif Covid-19, Kantor Disdukcapil Kota Magelang Tutup Sementara

Kompas.com - 04/09/2020, 13:39 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Pelayanan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang sementara ditutup menyusul empat orang pegawai terkonfirmasi positif Covid-19.

Penutupan dilakukan sejak 1 September 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, dr Majid Rohmawanto menjelaskan, pihaknya langsung menggelar tes swab terhadap 48 pegawai disdukcapil.

"Baru separuh yang sudah keluar hasilnya dan 4 pegawai disdukcapil dinyatakan positif," kata Majid kepada wartawan, Jumat (4/9/2020).

Baca juga: Hajatan di Kota Magelang Wajib Lapor Wali Kota dan Adakan Simulasi

Dari empat pegawai, kata Majid, dua di antaranya warga Kota Magelang.

"Dua pegawai lainnya adalah warga Kabupaten Magelang, sehingga yang didata dan terlaporkan kami, adalah dua orang dari warga Kota Magelang saja. Mereka menjalani isolasi di RSUD Budi Rahayu," jelasnya.

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang tidak melakukan tracing kontak terhadap warga yang berkontak erat dengan empat pegawai tersebut.

"Tidak lah. Tidak semua orang yang datang ke Disdukcapil terus dites semua. Kejadiannya nyaris sama saat nakes RSUD Tidar positif, orang-orang (pasien) yang kontak dengannya tidak diswab," paparnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Kota Magelang Meningkat, KBM Tatap Muka Ditunda

Berdasarkan laman Covid-19 Kota Magelang, temuan kasus konfirmasi positif terus bertambah hingga 4 September 2020  WIB, mencapai 118 kasus.

Dengan rincian 15 dirawat, 13 pulang isolasi, 11 meninggal dunia, dan 79 orang dinyatakan sembuh.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Magelang Larsita mengatakan, pelayanan akan dibuka kembali pada Senin 7 September 2020 dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

"Tanggal 7 September 2020 kita sudah efektif buka pelayanan. Tentu dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara disiplin dan ketat," katanya.

Ia berharap tidak ada tambahan pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com