Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Positif Covid-19, Tanpa Gejala

Kompas.com - 02/09/2020, 12:28 WIB
Kiki Andi Pati,
Khairina

Tim Redaksi

KENDARI, KOMPAS.com– Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas dinyatakan terpapar virus corona atau Covid-19 berdasarkan hasil tes swab polymerase chain reaction (PCR) di Rumah Sakit Bahteramas pada Senin (31/8/2020).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra Muhammad Ridwan membenarkan informasi itu.

Menurut Ridwan, Wagub Sultra pada Senin berinisiatif sendiri melakukan uji swab di rumah sakit milik pemerintah provinsi itu.

“Kemarin itu inisiatif beliau untuk memeriksakan dirinya, untuk di-swab. Ternyata hasil swab dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19," kata dokter Ridwan melalui sambungan telepon, Rabu (2/9/2020).

Baca juga: 5 Tenaga Medis Positif Covid-19, Layanan Rawat Jalan RSMAK Ditutup

Selanjutnya, lanjut Ridwan, Gubernur Sultra Ali Mazi memerintahkan dirinya untuk segera merawat Wagub di ruangan VIP rumah sakit Bahteramas Kendari.

Hal itu dilakukan agar semuanya bisa terkontrol dengan baik.

"Kondisi beliau saat ini sehat dan tanpa gejala, dan keluhan apapun," ujarnya.

Ridwan mengimbau kepada keluarga, kerabat atau masyarakat yang pernah kontak langsung dengan Wagub Sultra segera memeriksakan kesehatannya dan langsung melakukan tes PCR di Rumah Sakit Bahteramas.

“Saya sampaikan agar seluruh warga masyarakat Sulawesi Tenggara mendoakan beliau, mudah-mudahan dalam lindungan Allah SWT,” tutup Ridwan.

Baca juga: Sempat Disebut Positif Corona, Wali Kota Bengkulu Tetap Keluar dan Beraktivitas

Tak hanya sebagai Wagub, Lukman Abunawas yang juga Ketua DPD I PDIP Sultra terlihat pernah menghadiri beberapa kegiatan deklarasi pasangan calon bupati dan wakil bupati di Kabupaten Kolaka Timur dan Konawe Kepulauan pada akhir Agustus lalu.

Juru Bicara PDIP Sultra Agus Sanaa memperoleh informasi Lukman Abunawas masuk di rumah sakit. Namun dia tak mengetahui, sakit yang diderita orang nomor dua di Sultra itu.

“Saya tau bahwa beliau masuk rumah sakit untuk istirahat,” jelas Agus Sanaa melalui telepon.

Ia menjelaskan, kemungkinan Lukman Abunawas kelelahan usai menghadiri agenda deklarasi partai di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dan dan Kolaka Timur (Koltim).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com