Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Masuk 10 Besar Peringkat Kemahasiswaan Nasional Non-vokasi

Kompas.com - 02/09/2020, 07:38 WIB
Reni Susanti,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) masuk ke dalam 10 besar peringkat kemahasiswaan perguruan tinggi tingkat nasional non-vokasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada tahun ini, Unpad meraih peringkat ke-9.

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam mengatakan, peringkat kemahasiswaan tahun ini meningkat signifikan dari ahun sebelumnya, yaitu 23 – 24.

Baca juga: Cerita Dosen Unpad Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19: Alhamdulillah Nggak Ada Gejala Apa Pun

Peringkat ini diperoleh berdasarkan hasil penilaian dokumen yang sudah diunggah pada Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan.

“Alhamdulillah ada peningkatan tahun kemarin, dengan adanya kerja sama dari seluruh fakultas, prodi, dan para mahasiswa,” ujar Boy dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (1/9/2020).

Boy menjelaskan, untuk capaian di bidang kemahasiswaan, Unpad menggenjot berbagai prestasi mahasiswanya.

Baca juga: Bupati Bandung Minta Ulama Bantu Menekan Angka Perceraian

Lebih dari 1.000 data prestasi berhasil dikumpulkan yang bersumber dari BEM, Unit Kegiatan Mahasiswa, hingga Himpunan Mahasiswa dalam satu tahun terakhir.

Selain prestasi, penilaian juga dilakukan terhadap data kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, kegiatan berbasis akademik, rekognisi keikutsertaan mahasiswa dalam konferensi nasional maupun internasional, hingga beragam regulasi terkait akademik dan kemahasiswaan oleh universitas.

Boy menjelaskan, berdasarkan penilaian peringkat kemahasiswaan tersebut, ada beberapa catatan yang mesti ditingkatkan, yakni peningkatan partisipasi mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa.

Kemudian, peningkatan jumlah buku yang ditulis oleh mahasiswa, peningkatan rekognisi internasional, serta peningkatan kesempatan Unpad sebagai tuan rumah dari berbagai kegiatan berskala nasional.

“Kita coba rencanakan di tahun ini. Kita sudah buat roadmap-nya,” kata Boy.

Pemeringkatan bidang kemahasiswaan ini dipandang penting sebagai parameter kreativitas dan prestasi mahasiswa di perguruan tinggi.

Boy berharap, mahasiswa Unpad dapat terus meningkatkan kreativitas dan prestasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com