Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Lembaga Non-pemerintah Jateng dan DIY Terima Bantuan BLK Komunitas Senilai Rp 1 M

Kompas.com - 31/08/2020, 10:15 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan program bantuan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas kepada lembaga non-pemerintah di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Pendirian BLK Komunitas tersebut sebagai upaya percepatan akses dan mutu pelatihan serta peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).

Lembaga penerima bantuan BLK Komunitas akan memperoleh bantuan pembiayaan pembangunan untuk satu unit gedung workshop dan bantuan peralatan pelatihan vokasi untuk satu kejuruan.

Baca juga: Jokowi: Tahun 2020 Dibangun 2000 BLK Komunitas

Menteri Ida Fauziyah mengatakan setelah dilakukan penyesuaian program dan anggaran karena situasi pandemi, pada tahun 2020 pemerintah menargetkan pendirian BLK Komunitas sebanyak 1.000 lembaga yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sebelumnya, program pendirian BLK Komunitas sudah berjalan sejak tahun 2017-2019 dan telah dibangun 1.113 BLK Komunitas

"Awalnya program ini untuk bantu komunitas keagamaan seperti pondok pesantren, kami juga bangun BLK Komunitas untuk teman-teman serikat pekerja, serikat buruh, kemudian BLK Komunitas seni dan komunitas perfilman, meskipun belum direspons. Kami akan terus bantu tingkatkan kompetensi seluruh profesi yang ada," katanya usai Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) penerimaan bantuan BLK Komunitas di Hotel Horison Nindya, Semarang, Minggu (30/8/2020) malam.

Sementara proses pembangunan BLK Komunitas tahap I Tahun 2020 telah ditetapkan sebanyak 100 penerima bantuan BLK.

Kemudian, untuk penetapan tahap II kepada sebanyak 300 penerima BLK, sedangkan selanjutnya penetapan tahap III sebanyak 600 penerima BLK.

"Bantuan pembangunan BLK Komunitas ini kami berikan secara bertahap karena terkait protokol kesehatan. Kami akan bangun 1000 BLK Komunitas. Jadi selama pandemi ini kerja sama tetap jalan dengan protokol kesehatan," jelasnya.

Baca juga: Tahun 2020, Jokowi Akan Bangun 3.000 BLK Komunitas di Pondok Pesantren

Sebanyak 50 lembaga non-pemerintah di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta telah mendapat bantuan BLK Komunitas.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada empat perwakilan lembaga antara lain Lesbumi NU Batang, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia Cabang Jepara, Gerbang Tani Kabupaten Pekalongan dan PC Muslimat NU Cilacap.

"Saat ini, kami telah memberikan bantuan BLK Komunitas kepada 50 lembaga non-pemerintah di wilayah Jateng dan DIY. Satu BLK Komunitas nilainya Rp 1 miliar untuk pembiayaan pembangunan gedung workshop dan peralatan pelatihan vokasi," jelasnya.

Program pembangunan BLK Komunitas juga telah menambah sebanyak 23 kejuruan yang bertujuan untuk pengembangan pelatihan dan menekan angka pengangguran.

Selain itu, pihaknya juga mengadakan kegiatan pengembangan dan perluasan kesempatan kerja melalui Teknologi Tepat Guna (TTG), Padat Karya dan Penciptaan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri (TKM).

"Tadi juga saya sampaikan program-program perluasan kesempatan kerja bagi yang terdampak pandemi Covid-19. Ada program inkubasi bisnis, teknologi tepat guna, tenaga kerja mandiri, tenaga kerja sukarela, dan padat karya," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com