Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Solo Serahkan Bantuan Ponsel Gratis untuk Siswa Belajar Online

Kompas.com - 30/08/2020, 10:33 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, menyerahkan bantuan ponsel kepada siswa yang tidak mampu guna mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi Covid-19.

Simbolis penyerahan bantuan ponsel secara gratis tersebut dilaksanakan di Pendapi Gede Kompleks Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (30/8/2020).

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, ponsel yang diserahkan kepada siswa tidak mampu merupakan bantuan dari corporate social responsibility (CSR).

Menurutnya, para siswa yang menerima bantuan ponsel gratis ini sebelumnya sudah melalui proses seleksi. Calon penerimanya diutamakan dari keluarga yang benar-benar tidak mampu.

"Bantuan handphone kita berikan kepada anak yang keluarganya benar-benar tidak mampu dan orangtuanya tidak bisa membeli handphone kepada anak," kata Rudy usai menyerahkan bantuan secara simbolis di Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Baca juga: Bantu Siswa Belajar Online, Pemkab Malang Bangun Jaringan Wifi Gratis di Desa

Pemberian ponsel itu, lanjut Rudy, sejalan dengan program pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Guna mendukung pembelajaran online Kemendikbud juga memberikan bantuan kuota internet kepada para siswa sebesar 35 GB per bulan.

Rudy pun berharap dengan adanyan bantuan ponsel ini, proses kegiatan pembelajaran jarak jauh antara siswa dengan guru selama pandemi Covid-19 dapat berjalan lancar.

"Targetnya 1.500 ponsel yang nanti kita serahkan kepada siswa yang keluarganya benar-benar tidak mampu. Jadi secara bertahap setiap ada bantuan handphone langsung kita serahkan," terang dia.

Rudy berpesan agar siswa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya ponsel itu untuk belajar.

"Jangan bermain media sosial yang tidak benar. Gunakan handphone sebaik-baiknya untuk belajar," tandasnya.

Siswa dari 50 sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo, Etty Retnowati mengatakan, pihaknya sudah memiliki data siswa tidak mampu untuk memberikan bantuan ponsel.

Bantuan ponsel diberikan kepada siswa tidak mampu yang tersebar di 50-an sekolah, baik negeri/swasta di Solo.

"Sudah disurvei. Sekolah sudah mempunyai data siswa miskin sebagai acuan untuk bantuan handphone. Kemarin saya minta sekolah untuk meranking siswa yang tidak punya handphone," kata dia.

Sementara itu, seorang siswa SMPN 12 Solo Dhela Putri mengaku senang mendapatkan bantuan handphone untuk pembelajaran jarak jauh. Selama ini, ia meminjam ponsel orangtua untuk belajar online.

"Biasanya saya pinjam handphone-nya mama untuk belajar. Kalau pas mama kerja ya harus menunggu sampai pulang dulu," kata dia.

Dhela menambahkan, pembelajaran jarak jauh selama Covid-19 dimulai pagi hingga siang hari.

Baca juga: Demi Belajar Online, Melkianus Jadi Buruh untuk Isi Kuota Internet di Ponsel Teman

 

Banyak pelajaran yang harus diunduh melalui ponsel, namun memori penyimpanannya tidak mencukupi.

"Ini sangat membantu untuk belajar. Karena banyak video dan materi dalam bentuk file harus diunduh memori handphone mama tidak mendukung," terang Dhela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com