Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.900 Pekerja di Nunukan Bakal Terima Subsidi Gaji Rp 600.000

Kompas.com - 28/08/2020, 21:02 WIB
Ahmad Dzulviqor,
Dony Aprian

Tim Redaksi

NUNUKAN.KOMPAS.com – Sebanyak 5.900 pekerja di Nunukan, Kalimantan Utara, terdata sebagai calon penerima bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp 600.000.

"Kita sudah serahkan data rekening 5.900 orang itu, ada kontraktor, karyawan tambang dan perkebunan," ujar pegawai kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Nunukan Andi Fajar Samsuddin, Jumat (28/8/2020).

Baca juga: Cerita Pilu Perempuan ODGJ Diperkosa di Depan Anaknya hingga Hamil di Nunukan...

Dijelaskan Andi, bantuan subsidi gaji Rp 600.000 diberikan kepada pekerja yang terdaftar sebagai peserta aktif, dan bergaji di bawah Rp 5 juta.

"Kalau mengecek berapa dari usulan kita yang terakomodir pusat, kami tidak diberitahu atau tidak ada pemberitahuan ke kami, mengeceknya ke rekening masing–masing saja. Kita hanya mendata, selebihnya pemerintah pusat yang punya urusan," katanya.

Dikatakan Andi, peserta BPJS Ketenagakerjaan juga mendapatkan berbagai manfaat lain, salah satunya yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Sebagai contoh, bagi buruh perkebunan dengan rosiko kecelakaan kerja tergolong ringan, maka JKK yang diterima sebesar 0,54 persen dari besaran upah yang dilaporkan perusahaan.

"Kan ada lima kategori kecelakaan kerja, sangat ringan, ringan, sedang, berat dan sangat berat. Kita tidak bisa menggeneralisir berapa target premi yang dibayarkan ke BPJS TK Nunukan, semua tergantung perusahaan, karena upah mereka tiap perusahaan berbeda, ada perhitungan sendiri," jelasnya.

Baca juga: Tahap Pertama, 75.602 Pekerja di Sulut Terima Subsidi Gaji Rp 600.000

Diketahui, pemerintah telah menyalurkan subsidi gaji kepada 15,7 juta pekerja, dengan total anggaran yang disiapkan sebesar Rp.37,87 triliun.

Anggaran tersebut ditujukan sebagai Program Pemulihan Ekonomi Nasional pascapandemi Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com