Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Suhu Tubuh dan Deteksi Masker, Polres Cianjur Punya Alat Canggih

Kompas.com - 28/08/2020, 20:32 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Jajaran Kepolisian Resor Cianjur, Jawa Barat, menggunakan inovasi protokol kesehatan di lingkungan tempat kerja dengan menghadirkan alat cek suhu tubuh yang lebih canggih.

Selama ini, petugas jaga memeriksa suhu tubuh setiap pengunjung dengan memakai thermo gun.

Namun, kini alat yang dipakai dinilai lebih efektif dan berbasis digital yang dinamakan digital thermal camera.

Baca juga: Sepekan Razia Masker di Cianjur, Jumlah Pelanggar Malah Makin Naik

Perwira Urusan Humas Polres Cianjur Ipda Ade Novi Dwiharyanto dalam keterangannya mengatakan, selain untuk cek temperatur tubuh, alat tersebut juga mampu mendeteksi pengunjung yang tidak mengenakan masker.

“Alat ini terkoneksi dengan layar monitor, sehingga kondisi pengunjung dengan mudah bisa dipantau oleh petugas,” kata Ade kepada Kompas.com, Jumat (28/8/2020).

Seorang pengunjung sedang di-scan suhu tubuhnya oleh alat cek temperatur digital sebelum masuk ke dalam lingkungan Mapolres Cianjur.Istimewa Seorang pengunjung sedang di-scan suhu tubuhnya oleh alat cek temperatur digital sebelum masuk ke dalam lingkungan Mapolres Cianjur.
Menurut Ade, alat ini diklaim lebih akurat dalam mengukur suhu tubuh, sehingga masyarakat maupun anggota polisi yang memasuki lingkungan Mapolres Cianjur dipastikan benar-benar aman dan sehat.

“Digital thermal camera ini merupakan inovasi dari serangkaian protokol kesehatan yang kita terapkan selama ini, di masa pandemi Covid-19,” ujar dia.

Ade berharap, melalui inovasi ini, lingkungan Mapolres Cianjur bisa benar-benar steril dari ancaman penyebaran virus corona.

Baca juga: Pangdam III Siliwangi: Pulang dari Papua, Sejumlah Prajurit Raider 300 Cianjur Positif Covid-19

“Sehingga masyarakat semakin merasa aman dan nyaman, dan pelayanan bisa berjalan secara lebih optimal,” kata dia.

Selain pemeriksaan suhu tubuh, Polres Cianjur juga tetap memberlakukan protokol kesehatan lainnya, seperti wajib cuci tangan dan bilik sterilisasi di gerbang masuk.

“Bahkan, di setiap pintu masuk ruangan atau kantor satuan ada petugas yang selalu siap sedia dengan thermo gun untuk mengecek suhu tubuh pengunjung, termasuk fasilitas hand sanitizer dan penerapan jaga jarak aman di setiap kursi ruang tunggu,” tutur Ade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com