Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Sayembara Nomor Ponsel Bupati Blora, Hadiahnya Pulsa Rp 50.000

Kompas.com - 26/08/2020, 20:45 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Khairina

Tim Redaksi

BLORA, KOMPAS.com - Dinilai kurang transparan lantaran tidak mengumbar nomor ponsel pribadinya untuk publik, Bupati Blora Djoko Nugroho dikritik.

Nomor telepon Bupati Blora pun dijadikan sayembara.

Sebuah akun Facebook "Blora Updates" viral di jagat maya setelah memposting status berupa sayembara akan mengirimkan pulsa Rp 50 ribu bagi siapa saja yang mengetahui nomor ponsel pribadi Bupati Blora Djoko Nugroho yang bisa dihubungi.

"Sudah hampir dua periode tapi kami belum punya nomor Bupati Blora, jadi jika mau menyampaikan aspirasi agak sulit. Bagi satu orang tercepat yang bisa memberikan nomor WhatsApp Bapak Djoko Nugroho yang berfungsi untuk open pelayanan publik, akan kami kirimkan pulsa Rp 50 ribu," tulis status itu disertai postingan foto Bupati Blora Djoko Nugroho.

Baca juga: Periksa Bupati Blora, KPK Dalami Dugaan Penerimaan Uang dari PT Dirgantara Indonesia

Postingan grup publik yang telah memiliki ratusan ribu anggota tersebut memicu beragam komentar pedas.

"Wis wayahe leren kok lagi golek nomor WA ne leh lur," tulis akun Santri Milenial.

"Wis ape diganti lur, wis gak perlu," tulis akun Alex Pranoto

"Bupati 2 periode dalan pancet elek," tulis Ripan.

"Wes angel... angel... angel," tulis Kayana Faiha. 

Adapula yang merespons dengan mengirim meme foto tokoh Bu Tejo di film pendek "Tilik" bertuliskan "dadi wong ki mbok sing solutip," kirim Andri Wicaksono. 

Sementara itu Sekertaris Daerah (Sekda) Blora, Komang Gede Irawadi mengaku tidak mengetahui apakah nomor pribadi Bupati Blora dibagikan ke masyarakat.

Meski demikian, sambung dia, untuk informasi langsung dari masyarakat bisa disampaikan ke media sosial Forum Komunikasi Pimpinan (forkompim) yang dikelola oleh Humas Pemkab Blora.

"Kalau saya biasanya komunikasi lewat telepon, kalau nomor pribadi itu ada. Tapi apakah itu di-share apa tidak ke masyarakat saya kurang begitu tahu. Jadi untuk usulan dan kritik bisa disampaikan ke media sosial Forkompim  yang dikelola Humas Pemkab Blora," kata Komang, Rabu (26/8/2020).

Baca juga: Sebelum Meninggal karena Covid-19, Dokter RSUD Blora Ciptakan Lagu Corona

Dihubungi terpisah, ajudan Bupati Blora, Aditya, menyampaikan, nomor ponsel untuk pelayanan publik yang dipegang langsung oleh Bupati Blora tidak ada. Namun, nomor pribadi Bupati Blora memang ada. 

"Jadi dulu konsep seperti itu pernah digagas, namun belum berjalan. Ini masukan bagus nanti akan saya sampaikan ke Bupati," kata Aditya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com