Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

93 Santri di Pesantren Darussalam Banyuwangi Positif Covid-19

Kompas.com - 26/08/2020, 19:12 WIB
Achmad Faizal,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 93 santri di Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi, Jawa Timur, Positif Covid-19.

Ketua Rumpun Tracing Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, dr Kohar Hari Santoso mengatakan, secara umum kondisi puluhan santri tersebut sehat.

"Betul ada per Selasa kemarin ada 93 santri (Positif Covid-19, sekarang sedang ditangani Tim dari Kemenkes, Dinkes Jatim, dan Dinkes Banyuwangi," kata Kohar saat dikonfirmasi, Rabu (26/8/2020) sore.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi Berikan Rp 3,9 Miliar untuk Insentif Tenaga Medis Saat Pandemi

Tim kesehatan gabungan sudah melakukan tes swab terhadap lebih dari 500 santri untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 di pesantren tersebut.

Tim gabungan juga berkoordinasi dengan pengelola pesantren untuk menyediakan makanan sehat bagi para santri dibantu Pemkab Banyuwangi.

"Secara umum kondisi santri sehat, tapi kami sudah siapkan ruang di RSUD Banyuwangi jika ada santri yang mengalami gejala klinis seperti sesak napas dan gejala lainnya," jelas Kohar.

Baca juga: Viral, Video Aksi Maling Gotong Kotak Amal Mushala di Pondok Pinang Terekam CCTV

Kasus Covid-19 di Banyuwangi hingga Selasa sore berjumlah 213 kasus. Dari jumlah itu, 81 pasien sembuh dan delapan orang meninggal dunia.

Sedangkan kasus Covid-19 di Jawa Timur hingga Rabu hari ini tercatat berjumlah 31.329 kasus, di mana 24.649 pasien sembuh dan 2.252 pasien meninggal dunia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com