Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Padang Pariaman Positif Corona, 200 ASN Dites Swab Massal

Kompas.com - 24/08/2020, 11:47 WIB
Perdana Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Bupati Padang Pariaman Ali Mukni dinyatakan positif Covid-19 sehingga orang-orang yang pernah kontak dia dites swab, termasuk keluarganya.

Mereka yang dites swab adalah 200 ASN dan keluarga bupati, yakni istri dan tiga orang anaknya.

"Alhamdulillah, keluarga Pak Bupati Ali Mukhni semuanya negatif. Istri dan tiga anaknya negatif," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Padang Pariaman, , Sumatera Barat, Yutiardi Rifai yang dihubungi Kompas.com, Senin (24/8/2020).

Menurut Yutiardi, setelah Ali Mukhni dinyatakan positif, Minggu (23/8/2020), keluarganya langsung melakukan tes swab dan dinyatakan negatif.

Baca juga: Bupati Padang Pariaman Positif Covid-19, Punya Riwayat Perjalanan ke Jakarta dan Bertemu Ribuan Relawan

Sementara hasil tracing yang kontak dengan Ali Mukhni, hari ini dilakukan tes swab massal.

Mereka terdiri dari sopir, pegawai rumah tangga rumah dinas, pegawai kantor bupati, serta pegawai lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Padang Pariaman.

"Totalnya ada sekitar 200 orang ASN hari ini dites swab, hasil tracing dari Pak Bupati Ali Mukhni," kata Yutiardi yang merupakan kepala dinas kesehatan Padang Pariaman itu.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Padang Pariaman, Sumatera Barat, Ali Mukhni dinyatakan positif Covid-19, Minggu (23/8/2020).

Bupati yang juga bakal calon wakil gubernur berpasangan dengan anggota DPR RI Mulyadi itu diduga terpapar corona setelah pulang dari Jakarta.

"Betul, kepala daerah tersebut adalah bapak Ali Mukhni, bupati Padang Pariaman," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Sumbar Jasman Rizal dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Minggu (23/8/2002).

Jasman mengatakan, Ali Mukhni diduga terpapar dari luar Sumbar setelah pulang dari Jakarta.

Pada 22 Agustus melakukan tes swab di Padang Pariaman dan kemudian Minggu keluar hasilnya positif Covid-19.

"Saat ini beliau dalam keadaan sehat-sehat saja tanpa adanya gejala klinis. Hari ini beliau akan di screening ke rumah sakit utk mencek kondisi klinis," jelas Jasman.

Bupati Ali Mukhni dalam keterangan tertulisnya mengatakan Covid-19 bukanlah aib tetapi penyakit yang perlu diwaspadai bersama.

"Berdasarkan tes swab, Jumat kemarin dan hasilnya keluar pagi ini saya terkonfirmasi positif," kata Ali Mukhni dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/8/2020).

Baca juga: Bupati Padang Pariaman Positif Covid-19, Sebelumnya Hadiri Deklarasi Ribuan Relawan

Ali Mukhni menyebutkan, saat ini ia dalam keadaan sehat-sehat saja tanpa adanya gejala klinis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com