Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewati Ambang Batas, Kandidat Perseorangan Lolos Pilkada Bangka Selatan

Kompas.com - 24/08/2020, 10:46 WIB
Heru Dahnur ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANGKA SELATAN, KOMPAS.com - Bursa Pilkada 2020 di Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung bakal memiliki pasangan calon dari jalur perseorangan atau non parpol.

Anggota Bawaslu Bangka Selatan Azhari mengungkapkan, berdasarkan hasil pengawasan sementara verifikasi faktual, pasangan calon perseorangan sudah memenuhi syarat.

"Hasil pengawasan rapat pleno terkait verfak perbaikan ada 2.363 dukungan. Sehingga dengan penjumlahan dukungan pertama ada 11.378, maka jumlah total 13.741 dukungan," kata Azhari dalam keterangan tertulis, Senin (24/8/2020).

Baca juga: Terlilit Utang Rp 700 Juta, Wabup Bangka Selatan Justru Dilaporkan Kasus Penipuan, Begini Ceritanya

Dengan jumlah tersebut, menunjukan pasangan jalur perseorangan Kodi - Rusliadi (KORI) telah melewati ambang batas syarat yang ditentukan KPU yaitu 12.766 dukungan.

Sementara di tempat terpisah Anggota Bawaslu Kepulauan Bangka Belitung Andi Budi Yulianto mengatakan, selama proses Verifikasi Faktual hingga rapat pleno rekapitulasi berjalan sesuai prosedur.

"Dari proses rapat pleno terbuka yang Bawaslu ikuti tidak ada keberatan dari Bakal Calon ataupun tim Liaison Officer (LO) maupun pihak lain. Ini mengindikasikan proses dari awal sampai akhir sudah sesuai prosedur," ujar Andi.

Andi juga menegaskan bahwa Bawaslu Kepulauan Bangka Belitung tidak pernah menerima laporan atau informasi terkait ketidakpuasan peserta selama proses verifikasi syarat dukungan berlangsung dari sesama penyelenggara pemilu.

Baca juga: Jembatan Ambruk di Bangka Selatan, Ayah dan Anak Jadi Korban

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com