Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat dan Anggota DPRD Joget Saat HUT Maluku, Sekda: Kita Tidak Bermaksud Menyakiti Siapapun

Kompas.com - 22/08/2020, 12:18 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Khairina

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com-Sekretaris Daerah Maluku yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kasrul Selang akhirnya angkat bicara setelah insiden berjoget sejumlah pejabat di kantor DPRD Maluku viral dan menjadi sorotan luas masyarakat Maluku

Kasrul mengatakan, insiden yang menyita perhatian publik itu terjadi karena spontanitas dan kejadian itu tidak bermaksud untuk menyakiti masyarakat Maluku.

“Intinya bahwa itu satu gerakan spontanitas yang tidak sama sekali bermaksud menyakiti siapa pun,” kata Kasrul kepada Kompas.com di kawasan Mardika Ambon, Sabtu (22/8/2020).

Baca juga: Aksi Joget Pejabat dan Anggota DPRD Saat HUT Maluku Melukai Hati Masyarakat

Terkait insiden yang masih terus menjadi perbincangan hangat itu, ia mewakili seluruh jajarannya menerima secara lapang dada berbagai kritik yang dilayangkan kepadanya.

Menurutnya kejadian itu akan menjadi bahan refleksi dan instrospeksi agar ke depan pihaknya lebih mawas diri lagi.

“Jadi pada prinsipnya dengan viralnya gambar video yang ya katong tidak saling menyalahkan itu kenapa-kenapa  tapi ya sebagai manusia biasa pasti ini akan jadi bahan refleksi, bahan evaluasi untuk mawas diri dan seterusnya dan mudah-mudahan kedepan kita bisa jauh  lebih baik,” ungkapnya.

Ia mengakui setelah video joget-jogetan itu beredar luas di masyarakat, banyak kritik hingga caci maki yang ia terima.

Namun sebagai seorang abdi negara, ia mengaku menerima semua kritik yang dilayangkan masyarakat tersebut.

Menurut Kasrul, kejadian yang menimpanya itu merupakan sebuah pelajar berharga  tidak hanya baginya secara pribadi namun juga seluruh jajaran dan semua masyarakat.

“Saya selalu bilang di beberapa kesempatan saat jumpa per itu bahwa dalam kondisi sekarang ini tidak terlalu masalah lah kalau kita sebagai pelayan itu di maki-maki, saya selalu bilang di berbagai kesempatan bahwa katong ini sudah membaiatkan diri sebagai abdi negara, abdi itu kan pelayan masyarakat,” ungkapnya.

“Jadi kalau katong (kita) dimarahi oleh yang dilayani ya saya kira dalam  kondisi begini kita bisa terima lah mudah-mudahan kedepan akan lebih baik untuk saya dan jajaran semua menjadi pelajaran semua bahwa masyarakat membutuhkan bagaimana kita  tidak mempertontonkan hal-hal yang begitu meskipun tidak ada niat sama  sekali menyakiti siapa-siapa,” tambahnya.

Baca juga: Untuk Apa Pakai Masker, Corona Sudah Selesai, di Kantor DPRD Sudah Joget-joget Tak Pakai Masker

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingakan warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

“Kita tetap berempati, kepada semua orang juga jangan sampai kejadian kemarin melonggarkan kita punya kerja keras selama ini untuk potong pele (menangani) Covid-19 di dalam kita punya tatanan kehidupan baru,” katanya.

Diberitakan sebelumnya aksi bernyanyi dan berjoget bersama saat HUT Provinsi Maluku dilakukan Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang bersama para pejabat pemprov Maluku dan sejumlah anggota DPRD Maluku di kantor DPRD setempat, Rabu (19/8/2020).

Dalam aksi itu, Sekda yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penananganan Covid-19 dan beberapa pejabat bahkan tidak memakai masker dan saling berangkulan saat berjoget.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, Wakil Gubernur Maluku dan Ketua DPRD Maluku juga sempat menyanyikan beberapa tembang dan ikut bergembira di acara tersebut.

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com