Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasutri Dokter Positif Covid-19, Pegawai Satu Puskesmas di Brebes Jalani Tes Swab

Kompas.com - 21/08/2020, 18:22 WIB
Tresno Setiadi,
Khairina

Tim Redaksi

BREBES, KOMPAS.com - Puluhan tenaga kesehatan di Puskemas Kalimati, Kabupaten Brebes menjalani swab menyusul seorang dokternya berinisial dr. A dan istrinya dr. IR terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr. Sartono mengemukakan, tim dari Dinas Kesehatan dikerahkan untuk mengambil swab pegawai di Puskesmas Kalimati sebagai kontak erat dr. A.

"Hari ini Sekdin dan semua Kabid Dinas Kesehatan mengawal jalannya tes swab kepada puluhan atau semua karyawan Puskesmas Kalimati," kata dr. Sartono, melalui pesan singkat, Jumat (21/8/2020).

Baca juga: Pasutri Dokter di Brebes Positif Covid-19, Salah Satunya Bekerja di Puskesmas

Seperti diketahui, dr. A bersama istrinya, dr. IR terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain bekerja di puskesmas sebagai dokter PNS, bersama istrinya membuka praktik di kediamannya di Kelurahan Pasar Batang, Brebes.

Sartono mengungkapkan, selain melakukan penelusuran dan mengambil spesimen swab di puskesmas, pihaknya juga menelusuri kontak erat keluarga dan tempat praktek pribadinya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Brebes Imam Budi Santoso mengungkapkan, selain pelaksanaan pengambilan swab di Puskesmas Kalimati, juga dilaksanakan di Puskesmas Wanasari dan Puskesmas Brebes.

"Hari ini kita lakukan swab hasil tracing atas tiga pasien. Di antaranya dari dokter A dan isterinya," kata Imam kepada wartawan, Jumat (21/8/2020).

Mereka yang di-swab selain seluruh karyawan Puskesmas Kalimati, juga sebagian keluarga dan karyawan klinik pribadi dr. A

"Dari jumlah itu, 5 sampel swab dilakukan pemeriksaan di RSUD Brebes karena memiliki gejala klinis paru-paru. Sementara sisanya, sampel swab dikirim ke Labkesda Semarang," ungkapnya.

Baca juga: Pulang dari Pasar, Pasutri Pengendara Motor Tewas Dihantam KA Kamandaka di Tegal

Disampaikan Imam, dr. A diketahui sebelumnya melayani banyak pasien umum.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, jika sempat berkontak fisik dalam kurun waktu 10 hari terakhir dan mengalami gejala segera datang ke puskesmas untuk memeriksakan diri," pungkas Imam.

Diberitakan sebelumnya, pasangan suami istri di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang berprofesi sebagai dokter terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr. Sartono mengemukakan, dokter berinisial A atau suami merupakan dokter PNS di salah satu puskesmas di Brebes.

Sementara istrinya, IS merupakan dokter swasta yang membuka praktik di kediamannya bersama sang suami.

"Yang pertama diketahui positif sang suami," kata dr. Sartono, kepada wartawan, Jumat (21/8/2020)

Sartono mengemukakan, awalnya A mengalami batuk dan pilek selama 10 hari. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan uji swab yang kemudian hasilnya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Pihak Satgas Penanganan Covid-19 selanjutnya melakukan tracing terhadap kontak eratnya. Termasuk istri dan anak-anaknya. "Hasil swab istrinya juga positif Covid-19," kata Sartono.

Meski kondisi kesehatannya terbilang baik dan stabil, saat ini keduanya masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Brebes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com