Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorontalo Dijatah 200.000 Lembar Uang Baru Pecahan Rp 75.000

Kompas.com - 19/08/2020, 19:56 WIB
Rosyid A Azhar ,
Dony Aprian

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) memberikan jatah 200.000 lembar uang baru pecahan Rp 75.000 untuk Provinsi Gorontalo.

Uang baru peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia ini hanya diproduksi 75 juta lembar.

“Kami ingin mensyukuri, bangsa Indonesia ini telah melalui waktu selama 75 tahun melakukan pembangunan di tengah tantangan dan hambatan,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo Budi Widihartanto saat menyerahkan UPK kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Bank Indonesia Tegal Siapkan 1,3 Juta Lembar Uang Baru Pecahan Rp 75.000

Budi menambahkan, edisi khusus UPK ini juga sebagai bentuk peneguhan kebhinekaan agar semakin kuat di tingkat nasional dan internasional.

“Ke depan bagaimana agar bangsa Indonesia maju melalui digitalisasi, perekonomian dan kekuatan SDM unggul milenial jaman sekarang,” ujar Budi.

Pada pertemuan ini Budi memperkenalkan salah satu model dalam UPK yang mengenakan pakaian adat Gorontalo.

Anak laki-laki bernama Aditya Perpatih (9) putra asli Gorontalo yang terpilih di antara 9 model anak dari daerah lainnya.

“Ketat juga sebenarnya persaingan antardaerah untuk memilih siapa yang jadi model di UPK. Jadi kita sampaikan ke teman-teman dari Bank Indonesia pusat dan Peruri kita juga ada kelebihan. Salah satunya kami sampaikan Gorontalo itu lebih dulu merdeka dibanding Indonesia. Mungkin itu juga yang jadi pertimbangan mereka,” tutur Budi.

Baca juga: Penukaran Uang Baru Rp 75.000 di Kepri Dibuka hingga September 2020

Menanggapi penjelasan Budi Widihartanto, Rusli menyambut baik pencapaian yang diraih oleh kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo.

Dia mengaku bangga dengan ditampilkannya salah satu pakaian adat Gorontalo yang juga digunakan oleh putra asli Gorontalo.

“Saya bangga, saya bersyukur pakaian adat Gorontalo, yaitu Makuta tampil di uang pecahan Rp 75.000 edisi khusus kemerdekaan. Ini jadi satu poin lagi untuk Gorontalo. Kalau orang lihat, wah ada Gorontalo di uang baru. Itu jadi satu kebanggaan. Terima kasih Bank Indonesia,” tutur Rusli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com